Cara Merawat Kulit Kering, Hindari 5 Bahan Dapur Ini

Kulit kering tidak boleh terpapar bahan-bahan dapur tertentu

Sebagian besar wanita suka menggunakan berbagai bahan dapur untuk membuat masker kecantikan untuk kulit dan rambut. Tetapi untuk merawat kulit kering, ternyata ada beberapa bahan dapur yang sebaiknya dihindari.

Ya, para ahli selalu menyarankan agar berhati-hati memilih bahan alami yang akan digunakan untuk membuat masker. Pasalnya, faktor usia, lokasi geografis dan jenis kulit juga memengaruhi jenis bahan yang sebaiknya dipilih.

Tips Merawat Kulit Kering

Nah, bagi kamu yang memiliki jenis kulit kering, sebaiknya tidak menggunakan beberapa bahan di bawah ini.

1. Tepung gram

Tepung gram ini adalah bahan yang sangat populer untuk membuat masker wajah dan lulur sejak jaman dahulu. Namun, karena sifat mengurangi minyaknya, tepung gram harus dihindari sebagai bahan kecantikan bagi kamu pemilik kulit kering.

Kulit kering sangat membutuhkan hidrasi dan nutrisi, dan tepung gram justru akan mengurangi kadar tersebut. Kecuali, jika kamu mencampurnya dengan bahan-bahan bersifat melembapkan seperti krim segar, susu dan dadih (susu fermentasi tradisional).

2. Tepung beras

Cara merawat kulit kering berikutnya adalah dengan menghindari masker wajah yang terbuat dari tepung beras. Alasannya karena tepung ini memiliki kandungan pati yang tinggi di dalamnya. Dengan begitu kulit justru akan semakin kering dan kasar.

Jika kamu memiliki kulit kering, maka hindari menambahkan tepung beras ke dalam adonan perawatan wajah. Sebab ini dapat menghilangkan kelembaban kulit dan memunculkan garis kerutan pada kulit. Tentu ini sesuatu yang tidak kamu inginkan, bukan?.

3. Lemon

Lemon adalah bahan alami favorit sepanjang masa dari banyak ahli kecantikan. Namun, bagi pemilik kulit kering sebaiknya hindari bahan lemon ini. Asam dari lemon justru dapat mengeringkan kulit Anda, bahkan bisa menyebabkan ruam.

Baca Juga  Bermasalah dengan Kulit wajah Kering kerontang? yuk intip cara Mengatasi dan Merawatnya

Lemon juga bersifat fototoksik, yang dapat memberi sensasi terbakar dan sensitif. Namun jika dicampur dengan bahan-bahan yang memberikan kelembaban seperti minyak zaitun atau minyak kelapa, maka dapat memberikan efek yang lebih baik.

4. Mentimun

Berikutnya, kamu juga disarankan menghindari mentimun untuk menyegarkan area di sekitar mata. Ini memang menjadi bahan yang sering digunakan untuk perawatan kecantikan. Namun, timun memiliki sifat astringen alami.

Artinya, penggunaan mentimun merusak dan membuat kulit semakin kering karena menghabiskan minyak dari kulit. Sebagai alternatif, pemilik kulit kering bisa memanfaatkan kantong teh bekas untuk menyegarkan area di sekitar mata.

5. Kentang

Kentang berguna untuk mengencangkan kulit karena kandungan patinya yang tinggi. Namun, kentang mentah harus dihindari pemilik kulit kering karena membuat kulit terlihat semakin kering dan kusam.

Jika tetap dipaksakan pada kulit yang sudah kering, maka dapat menyebabkan iritasi kulit.

Kesimpulan

Beberapa bahan yang disebutkan di atas benar-benar luar biasa jika digunakan dalam kondisi yang tepat. Tetapi untuk menjaga dan merawat kulit kering kamu, sebaiknya hindari bahan-bahan tersebut. Pilih bahan alami yang cocok denganmu secara bijak.

Tags
Lebih banyak

Artikel terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close