4 Persiapan Pernikahan yang Dianggap Kurang Penting

Ada beberapa persiapan menjelang pernikahan yang dianggap buang-buang waktu dan uang saja

Ketika hari H sudah semakin dekat, calon mempelai biasanya semakin pusing memikirkan persiapan pernikahan. Ada berbagai persiapan atau kegiatan yang perlu dilakukan demi membuktikan kapasitas. Mulai dari foto pre-wedding, bridal shower, memilih bridesmaid, dll.

Nah, buat kamu yang ingin lebih menghemat budget pernikahan, sebenarnya ada beberapa persiapan pernikahan yang bisa dicoret dari daftar. Sebab, acara-acara tersebut dinilai kurang penting dan tidak akan memengaruhi kesakralan hari pernikahan. Apa saja itu?

Mengurai List Acara Persiapan Pernikahan

1. Memilih Bridesmaid

Ketika menghadiri sebuah acara kondangan, kamu pasti akan melihat beberapa anak perempuan yang memakai pakaian yang sama berdiri di pinggir panggung. Mereka ini biasanya disebut bridesmaid yang biasanya terdiri dari orang-orang terdekat dari pengantin perempuan.

Apa tugas bridesmaid? Selain membantu tenaga untuk menjemput barang, bridesmaid juga akan memberi dukungan moral kepada kedua mempelai. Tetapi sebenarnya jika memakan terlalu banyak anggaran, bridesmaid ini bisa ditiadakan, kok. Walau demikian, mereka juga tetap bisa menemani kamu, kan?

2. Bridal Shower

Acara ini bisa dibilang pengaruh dari budaya luar juga. Di Indonesia, tren bridal shower juga seringkali ditemukan di kota-kota besar. Acara ini bisa diibaratkan sebagai ‘perpisahan’ calon pengantin perempuan yang sebentar lagi akan melepas masa lajangnya. Oleh karena itu dia berkumpul dengan teman-temannya untuk sekadar memberi hadiah atau hal lainnya.

Sebenarnya tidak ada masalah juga, tetapi terkadang acara ini menghabiskan anggaran jutaan rupiah. Mulai dari menyewa restoran, menyediakan dekorasi mewah, atau makanan dan minuman yang sering mubazir.

3. Foto Pre-Wedding

Kalau menghilangkan foto pre-wedding sepertinya akan menjadi pro dan kontra. Tetapi, harus disadari bahwa belakangan ini biaya foto pre-wedding semakin besar seiring dengan tren di masyarakat. Bahkan sekarang kamu bisa membuat seperti video neak peek pernikahan, yang pastinya memakan biaya lebih banyak.

Baca Juga  6 Pertanyaan Sebelum Menikah untuk Kamu dan Si Dia

Tema foto dan video ini beragam, tergantung permintaan dari calon pengantinnya. Ada yang ingin berfoto di pantai, gunung, atau di tempat yang menjadi kenang-kenangan mereka. Memang seru sih, tetapi anggaran untuk foto atau video pre-wedding ini bisa dialokasikan untuk hal lain.

4. Pertunangan yang mewah

Ini belum memasuki pernikahan, lho. Terkadang ada beberapa orang yang membuat acara pertunangan besar-besaran atau mewah hanya karena gengsi. Ini memang menjadi momentum untuk semakin mengakrabkan keluarga kedua calon pengantin. Tetapi kalau bisa dibuat menjadi acara yang sederhana saja.

Misalnya mengundang keluarga terdekat, teman-teman dekat, dll. Buat acara yang sederhana saja karena yang penting adalah keintiman antara orang-orang di dalamnya. Toh, tujuan tunangan ini juga untuk keluarga laki-laki melamar pihak perempuan.

Penutup

Beberapa hal di atas hanya berupa saran untuk lebih menekan anggaran. Tetapi jika kamu ingin membuat acara seperti halnya pernikahan di luar negeri, tidak ada salahnya juga. Sebab, pada akhirnya persiapan pernikahan adalah hak masing-masing orang.

Tags
Lebih banyak

Artikel terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Back to top button
Close