5 Tips Mendidik Anak untuk Mengatur Uang

Keterampilan mengatur uang perlu diajarkan sejak dini kepada anak

Beberapa orang tua mungkin masih membutuhkan bantuan tips mendidik anak untuk mengajarkan cara manajemen uang kepada si kecil. Sebab, tidak sedikit orang tua yang belum mampu membedakan antara terlalu memanjakan dan memenuhi kebutuhan anak. Bahkan tidak peduli apakah kamu adalah orang tua baru atau yang sudah memiliki beberapa anak.

Tips Mendidik Anak Mengatur Keuangan

Kurangnya disiplin keuangan bisa terbawa sampai ke masa dewasa. Oleh karena itu orang tua harus membekali anak keterampilan manajemen uang sejak dini. Berikut adalah tips mendidik anak agar secara efektif dapat mengasah keterampilan pengelolaan uang mereka sendiri.

1. Membuka Tabungan Anak

Waktu terbaik untuk membuka tabungan anak adalah ketika dia mulai dapat memainkan peran aktif dan memahami konsep uang. Anak-anak sering menerima uang pada momen-momen khusus seperti saat ulang tahun atau lebaran. Akan menyenangkan bagi orang tua melihat anak-anak ketika menyimpan uang itu di bank. Ini adalah keterampilan yang akan berguna seumur hidup.

2. Ajarkan Tentang Menghasilkan Uang

Beberapa orang tua biasanya memberi ‘uang jajan’ apabila anak mau membersihkan kamar. Namun, sebaiknya kamu tidak melakukan itu, karena sebenarnya itu adalah kewajiban anak. Yang perlu dicoba adalah memberi mereka ‘upah’ untuk melakukan tugas-tugas lain seperti berkebun misalnya.

Kelihatannya sepele, tetapi membayar anak untuk pekerjaan yang seharusnya tidak mereka kerjakan bisa menjadi sebuah pengajaran. Strategi ini mengajarkan anak tentang menghasilkan uang dan kerja keras.

3. Beri Anak Hukuman

Anak-anak perlu mempelajari adanya hukuman dalam keuangan. Misalnya si anak melakukan kenakalan yang mengakibatkan kerusakan pada suatu barang. Sebagai gantinya, hukum anak dengan menarik uang dari rekening mereka sendiri. Tetapi, jelaskan juga tentang perilaku buruk mereka yang menyebabkan kamu sebagai orang tua mengurangi tabungannya. Ini akan mengajarkan bertanggung jawab atas tindakan mereka sendiri.

Baca Juga  Pancing Kepercayaan Diri Anak dengan Cara Ini

4. Bijak Mengatur Pengeluaran

Orang tua pasti mencintai anak-anak, yang berarti selalu ada naluri untuk membelikan anak barang-barang yang diinginkannya. Tetapi ini tidak mengajarkan apa pun tentang manajemen uang. Lebih menyenangkan bagi anak ketika mereka menginginkan sesuatu dan bisa membelinya dengan uang sendiri. Mereka akan belajar keterampilan hidup yang berharga dengan menabung dan membayar sendiri barang yang mereka mau.

5. Investasi

Tidak perlu mengajarkan anak tentang investasi yang rumit. Beri mereka pengertian tentang konsep investasi, karena keterampilan ini juga harus dikembangkan sejak dini. Mengajari anak dasar-dasar cara kerja investasi akan membantu mereka di masa dewasa nanti.

Menggabungkan pengetahuan investasi dan keterampilan mengelola rekening bank memungkinkan mereka menjadi ahli dalam mengelola uang sendiri.

Tips mendidik anak mengatur uang di atas sebaiknya diterapkan sedini mungkin, tetapi jangan memaksakan. Mulailah dengan mengajarkan mereka menabung dengan cara tradisional seperti di celengan. Lalu lanjutkan dengan menanamkan dasar-dasar pengetahuan tadi. Semoga bermanfaat.

Tags
Lebih banyak

Artikel terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Back to top button
Close