Atasi Rasa Insecure dan Cemburu dengan Pasangan

Rasa cemburu dengan pasangan pasti pernah dialami oleh setiap orang

Hampir setiap hubungan pasti diwarnai dengan perasaan cemburu dengan pasangan dan terkadang merasa insecure. Masalahnya, kedua problem tidak semudah itu bisa teratasi. Namun untuk memiliki hubungan yang sehat dan langgeng, mau tidak mau kamu harus bisa melakukannya.

Cara Mengatasi Perasaan Insecure dan Cemburu

Pada setiap orang, penyebab insecure dan cemburu tentu berbeda-beda. Tetapi, kebanyakan berakar dari satu masalah yang mendasar, yaitu tidak merasa nyaman dengan diri sendiri. Selain itu, ada pula kemungkinan seseorang memiliki masa lalu yang bermasalah atau traumatis.

Nah, jika kamu sudah berada pada titik di mana masalah ini sangat mengganggu, lakukan beberapa tips mengatasi rasa insecure dan cemburu dengan pasangan berikut ini.

1. Nasihati diri sendiri

Yang perlu kamu lakukan adalah mencoba menilai perasaanmu seobjektif mungkin. Berpura-puralah menjadi seorang teman yang sedang memberi nasihat. Jauh lebih mudah untuk memberi nasihat kepada orang lain daripada kepada diri sendiri, bukan? Maka dengan menggunakan sudut pandang yang logis, itu akan menjadi langkah pertama yang efektif.

2. Cari tahu dari mana asalnya

Perasaan ini bisa datang dari suatu tempat atau suatu waktu. Mereka tidak muncul secara tiba-tiba di pikiranmu. Bisa saja masalah ini berakar dari masa kecil kamu, di mana kamu tumbuh dengan orang tua yang sering bermasalah. Bisa juga berasal dari pengalamanmu sendiri, seperti dikhianati oleh cinta pertama. Dengan menemukan akar masalahnya itu akan mempermudah dalam mengatasinya.

3. Berpikir sebelum berbicara

Banyak orang tidak memiliki filter dalam berkata. Ketika punya suatu pendapat, maka itu akan langsung keluar dari mulutnya. Begitu pula jika memiliki emosi negatif, maka akan langsung bertindak tanpa memikirkannya secara rasional.

Baca Juga  4 Tips Pergi Liburan ke Tempat Impian dengan Budget Minim

Berpikir sebelum berbicara sangatlah penting. Cobalah untuk memiliki kendali diri untuk tidak mengatakan atau melakukan apa pun yang mungkin akan kamu sesali karena dapat memperburuk situasi.

4. Berkomunikasi dengan baik

Jangan merasa malu untuk mengakui bahwa kamu merasa insecure atau cemburu pada pasangan. Kita semua pasti bisa merasakan hal seperti ini dari waktu ke waktu. Tapi mungkin pasangan kamu tidak tahu akan hal itu. Mereka bukanlah pembaca pikiran, jadi penting untuk mengungkapkan perasaan tersebut. Lakukan secara baik-baik tanpa berteriak atau membentak.

5. Jangan mengikat pasangan

Kamu mungkin pernah mencoba membatasi tindakan pasangan ketika rasa insecure dan cemburu itu muncul. Kamu selalu ingin tahu di mana dia berada, kapan dia pulang dan dengan siapa dia berbicara.

Percayalah, hal ini hanya akan semakin membuat dia menjauh. Tidak seorang pun ingin seperti dikendalikan dan tidak dipercaya, apalagi oleh pasangannya. Meskipun kamu pencemburu, tapi tetap biarkan dia menjalani hidupnya dengan bebas.

Masalah insecure dan cemburu dengan pasangan memang seringkali berasal dari diri sendiri. Jadi, mulailah mencintai dan menghargai diri sendiri. Jangan ragu untuk meninggalkan seseorang yang tidak memperlakukanmu dengan baik.

Tags
Lebih banyak

Artikel terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close