5 Bahan Skincare Berbahaya yang Sebaiknya Dihindari

Beberapa bahan skincare dinilai dapat memberi dampak buruk untuk kulit

Bagi kebanyakan perempuan, menggunakan skincare sudah menjadi rutinitas harian yang wajib. Berbagai produk dipilih demi mendapatkan kulit yang sehat dan terawat. Namun demikian, kamu harus tetap waspada karena di luar sana ada beberapa bahan skincare berbahaya yang justru bisa berdampak buruk untuk kulitmu.

Hindari Bahan Skincare Berbahaya Ini

Di bawah ini adalah daftar bahan-bahan skincare yang bisa menjadi panduan untuk mengubah rutinitas kecantikan kamu menjadi lebih baik. Jika memungkinkan, ganti bahan tersebut dengan produk-produk yang terbuat dari bahan alami.

1. Paraben

Sebuah produk biasanya diberi paraben agar lebih tahan lama karena dapat mengatasi pertumbuhan jamur dan bakteri. Waspadai suatu produk skincare yang mengandung butylparaben, methylparaben atau propylparaben.

Mengapa harus dihindari? Sebab paraben bisa meresap ke dalam kulit dan memasuki tubuh. Sebuah studi tahun 2004 menemukan menunjukkan bahwa paraben bisa menumpuk dan tertinggal di tubuh.

2. Sodium Lauryl Sulfate (SLS)

Sodium Lauryl Sulfate (SLS) dan Sodium Laureth Sulfate (SLES) adalah jenis zat surfaktan yang gunanya untuk menciptakan busa pada sabun, sampo dan gel cukur. SLS disebut-sebut sebagai salah satu bahan skincare berbahaya untuk kulit karena kecenderungannya menyebabkan iritasi.

Ini dapat menghilangkan minyak alami pada kulit sehingga kulit menjadi kering dan gatal. Dalam beberapa kasus bahkan sampai menyebabkan eksim, dermatitis dan jerawat di area mulut. SLS juga sangat mengiritasi mata jika digunakan pada sampo atau sabun cuci muka.

3. Formaldehida

Formaldehida atau sering disebut formalin bukanlah bahan yang boleh ditambahkan ke produk skincare. Sebab, ini adalah produk yang diproduksi sebagai bahan pengawet konvensional. Mirisnya, di luar sana ditemukan ada produk yang mengandung bahan kimia ini.

Baca Juga  Mungkin Selama Ini Cara Mencuci Rambut Kamu Salah

Formalin harus dihindari karena zat ini adalah karsinogen. Menurut Badan Internasional untuk Penelitian tentang Karsinogen, formalin dapat menyebabkan kanker pada manusia, termasuk leukemia, kanker pankreas, dan kanker kulit. Jika diterapkan pada kulit, akibatnya adalah iritasi kulit.

4. Fragrance

Fragrance sebaiknya kamu hindari dan disarankan untuk tidak memilih produk skincare yang menggunakan wewangian. Efek sampingnya bisa tidak terduga, karena kita tidak tahu zat apa yang terkandung dalam fragrance.

Beberapa wewangian bisa mengganggu hormon, sementara yang lain dapat mengiritasi dan memicu reaksi alergi. Alternatif untuk fragrance adalah mencari produk yang tidak mengandung wewangian sama sekali atau cari produk dengan wewangian alami seperti minyak atsiri.

5. Oxybenzone

Oxybenzone seringkali ditemukan dalam produk tabir surya. Zat ini membantu penyerapan sinar UVA dan UVB serta mengurangi dampaknya pada kulit. Biasanya zat ini dikombinasikan dengan bahan lainnya karena relatif lemah jika bekerja sendiri.

Namun, ada baiknya menghindari tabir surya yang mengandung bahan kimia, dan oxybenzone adalah yang terburuk. Sebab zat ini bisa menirukan estrogen di dalam tubuh, sehingga dapat mengganggu sistem hormon. Oxybenzone juga dapat menyebabkan iritasi kulit.

Jadi, mulai sekarang kamu harus lebih cermat dalam memilih produk perawatan agar terhindar dari beberapa bahan skincare berbahaya di atas.

Tags
Lebih banyak

Artikel terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Back to top button
Close