Begini Cara Alternatif Mengajari Anak Membaca

Anak terlambat bisa membaca bukan berarti dia tidak mampu melakukannya

Mengajari anak membaca bukanlah perkara mudah bagi orang tua. Ada anak yang cepat menangkap apa yang diajarkan, tetapi seringkali orang tua mendapatkan hasil yang tidak sesuai harapan. Akan tetapi, anak yang terlambat bisa membaca bukan berarti dia sama sekali tidak mampu.

Tips Mengajari Anak Membaca untuk Para Orang Tua

Pada dasarnya setiap anak punya potensi untuk dikembangkan, termasuk dalam hal belajar menghitung atau membaca. Nah, apabila permasalahan ini sampai mengganggu pemahaman anak terhadap pelajaran di sekolah, coba lakukan lima tips di bawah ini.

1. Memahami pokok bahasan

Terkadang anak sudah bisa membaca, tetapi dia tidak bisa memahami maksud paragraf yang dia baca. Untuk mengujinya, coba bacakan sebuah paragraf kepadanya lalu tanyakan apakah anak dapat mengerti maksud bacaannya atau tidak.

Jika ternyata dia tidak paham, coba atasi dengan cara ini. Beri contoh anak untuk mengambil inti bahasan dari paragraf yang kamu baca. Setelah itu minta dia untuk melakukannya sendiri.

2. Membagi porsi bacaan

Terkadang yang membuat anak semakin lama bisa membaca adalah karena dia merasa tertekan ketika membaca paragraf yang panjang. Dalam kondisi seperti ini, anak jadi akan semakin malas belajar membaca. Nah, solusinya adalah membagi bacaannya ke dalam beberapa kalimat pendek.

Jangan biarkan anak membaca kalimat yang terlalu panjang. Dengan begitu, dia bisa lebih fokus memahami maksud dari setiap paragraf atau kalimatnya. Misalnya, kamu bacakan dulu kalimat pertama, kemudian si anak membaca kalimat berikutnya. Begitu seterusnya sampai dia merasa nyaman.

3. Periksa kesehatan

Ada kemungkinan anak-anak yang kesulitan belajar membaca disebabkan karena kesehatan matanya yang terganggu. Jika kamu mulai mencurigai si kecil mengalami masalah ini, segera bawa ke dokter mata untuk dilakukan tes kesehatan mata.

Baca Juga  5 Tips Mendidik Anak untuk Mengatur Uang

Apabila ternyata matanya dalam kondisi normal, mungkin ada masalah lain, seperti disleksia misalnya. Jadi, coba lakukan tes disleksia ke psikiater. Nah, baru setelah akar masalahnya diketahui, kamu bisa memberi penanganan yang tepat agar proses belajar membaca si anak tidak terganggu.

4. Meminta dukungan guru

Belajar membaca di sekolah saja memang tidak cukup. Dengan demikian, sudah sepatutnya orang tua juga ikut mengajari anak membaca. Namun jika masih kesulitan juga, mintalah bantuan kepada guru di sekolah.

Bila dari poin nomor 4 ternyata si anak punya masalah pada mata atau psikologis, laporkan kepada guru. Jadi, saat di sekolah guru juga bisa membantu menangani dengan cara tertentu. Misalnya, anak akan dipindahkan duduk lebih dekat dengan papan tulis atau diberi bimbingan khusus.

5. Membiasakan anak bercerita

Pada beberapa kasus, anak yang sulit membaca biasanya juga kesulitan untuk memahami sebuah cerita atau dongeng. Maka dari itu, salah satu cara penanganannya adalah dengan selalu memberinya cerita, lalu menanyakan hal-hal terkait dengan cerita tersebut. Bila perlu minta dia untuk menuliskan lagi secara singkat tentang cerita yang dia dengar.

Demikian sedikit tips agar para orang tua memiliki cara alternatif untuk mengajari anak membaca. Selamat mencoba.

Tags
Lebih banyak

Artikel terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Back to top button
Close