Bersihkan Udara Rumah dengan Aromaterapi, Ini Essential Oil yang Bisa Jadi Pilihan

Jumlah kasus positif Covid-19 yang terkonfirmasi di Indonesia terus menunjukkan grafik peningkatan. Berdasarkan data dari situs Satgas Penanganan Covid-19, per 25 Januari 2021 tercatat sudah ada 999.256 orang yang terkonfirmasi positif.
Dengan jumlah kasus yang terus meningkat, pemerintah pun kembali memperpanjang masa Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarkat (PPKM) di wilayah Jawa dan Bali sejak 26 Januari hingga 8 Februari 2021.
Selain pembatasan kegiatan di luar rumah, ada baiknya kita juga perlu meningkatkan kebiasaan pola hidup sehat di rumah, salah satunya dengan menjaga udara di rumah tetap segar dan sehat.
Salah satu cara yang dapat dilakukan untuk membersihkan udara di rumah adalah dengan menggunakan aromaterapi yang mengandung minyak atsiri atau essential oil murni dan memiliki efek terapeutik.
Berdasarkan sejumlah riset dan penelitian, ada beberapa karakteristik yang biasa dijumpai dalam essential oil yang murni adalah tingginya kandungan konsentrat tanaman, hingga lebih dari 70%. Selain itu, essential oil yang murni juga memiliki banyak manfaar dari mulai daya rejuvenating atau peremajaan kulit, memberi efek menenangkan, hingga antiseptik atau memiliki daya pembunuh kuman.
Aroma yang menyebar dari essential oil akan dihirup dan diserap melalui sistem pernapasan yakni dari hidung hingga paru-paru. Dan essential oil ini bekerja paling dalam pada sistim limbik atau area di dalam otak yang dikenal sebagai otak emosional.
Selanjutnya, molekul-molekul essential oil tersebut dibawa oleh napas ke dalam penciuman di bagian atas hidung, ada reseptor seperti rambut yang mentransmisi pesan-pesan saraf antara sistem penciuman dan area limbik otak (hipotalamus, amiygdale, hypokampus, kortek temporal dan struktur limbik lainnya). Hal ini lah yang dapat memberikan pengaruh pada suasana hati, penyimpanan memori, emosi, perilaku, hingga kekebalan tubuh.
Lalu bagaimana caranya membersihkan udara dengan aromaterapi ? Cara paling efektif untuk membersihkan udara adalah dengan menyebarkan aroma dari minyak atsiri tersebut, bisa diteteskan melalui diffuser ataupun dimasukkan ke dalam cairan dalam bottle spray.
 PILIHAN AROMATERAPI
Adapun, sejumlah aromaterapi yang dapat menjadi pilihan untuk membersihkan dan menyegarkan udara di rumah antara lain :
 Essential Oil Peppermint
Essential oil ini mengandung komponen aktif, termasuk mentol dan rosmarinic asam yang
memiliki aktivitas antivirus (virus syncytial respirasi) dan anti inflasmi. Fungsi utamanya adalah melonggarkan pernapasan, menyembuhkan gatal karena kadas, kudis, dan akibat terkena tumbuhan beracun. Namun, essential oil peppermint tidak dianjurkan untuk ibu hamil 3 bulan pertama
 Essential Oil Tea tree
Essential oil yang memiliki nama latin Melaleuca Artenifolia ini dapat membunuh bakteri-bakteri seperti E. coli, S. pneumoniae dan H. influenza. Fungsi utamanya adalah sebagai antiseptik, antibakteri, sariawan, flu, obat jerawat, tonik, sistem kekebalan tubuh.
Essential Oil Lemon
Essential Oil lemon memiliki sifat antibakteri, astringen, dan antiseptik yang kuat. Hal itu membuat essential oil menjadi bahan yang ampuh sebagai pembersih rumah. Fungsi utamanya adalah sebagai antioksidan, antiseptik, meningkatkan imunitas, memberikan rasa gembira dan nyaman, mengatasi hipertensi. Namun, essential oil lemon dan jenis citrus tidak boleh digunakan di bawah sinar ultraviolet.
 Essential Oil Cinnamon
Essential oil Cinnamon mengandung eugenol, cinnamaldehyde, phellandrene dan methylleugenol
yang efektif melawan berbagai macam virus. Essential oil cinnamon ini sangat baik digunakan dalam diffuser untuk memurnikan udara dan membunuh bakteri di udara.
Essential Oil Lavender
Essential oil lavender memiliki kandungan yang dapat menenangkan, antispasmodik, anti-
kecemasan, anti-inflamasi, antimikroba, antioksidan, antibakteri, anestesi, anti-karsinogenik, selain itu kandungan senyawa yang terdapat di dalam lavender dapat meningkatkan kekebalan tubuh dan memiliki sifat sebagai antivirus.
 Essential Oil Grapefruit
Essential oil dengan nama latin citrus paradise macfyden ini mengandung sabinene, limonene, dan nootkatone yang bisa digunakan sebagai tambahan produk pembersih rumah tangga. Fungsi utamanya juga digunakan untuk flu, demam, sakit kepala, jerawat, selulit, pegal linu.
 Essential Oil Lemongrass
Essential oil Lemonggrass diketahui memiliki sifat antibakteri yang kuat. Essentail oil ini mampu menghambat pertumbuhan bakteri baik secara eksternal dan internal. Dapat melawan infeksi bakteri, masalah kulit, hingga bau badan.
Essential Oil Rosemary
Essential oil rosemary bersifat sebagai stimulan. Saat dihirup, aroma rosemary telah terbukti
dapat meningkatkan detak jantung, tekanan darah dan laju pernapasan, serta meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Selain itu, kandungan di dalam rosemary juga terbukti dapat meningkatkan aktivitas gelombang otak, serta dapat membantu bagian sistem saraf yang mengontrol fungsi organ.
 Essential Oil Cajeput
Essential oil cajeput ini memiliki bahan alami yang berperan sebagai antivirus. Namun, masih dibutuhkan penelitian lebih lanjut mengenai hal ini.
Essential Oil Marjoram
Essential oil marjoram memiliki sifat antivirus yang baik. Minyak essential ini tidak hanya melindungi terhadap serangan virus, tetapi juga bakteri. Minyak esensial ini juga bisa membantu mencegah terjadinya infeksi bakteri pada kulit, usus, saluran kemih, dan sistem pencernaan.
Namun demikian, perlu diingat kembali bahwa aromaterapi memiliki karakter yang unik sehingga efek yang dirasakan oleh setiap orang bisa berbeda-beda. Silahkan mengeksplorasi untuk memilih essential oil atau aromaterapi yang paling tepat untuk Anda.
GET FREE MASKER …….
@essentiaindonesia / @naturalliindonesia
Baca Juga  Essential Oil Sandalwood, Harum dan Menyehatkan
Tags
Lebih banyak

Artikel terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close