Cara Membimbing Anak di Tengah Pengaruh Konten Digital

Orang tua harus berada di posisi strategis dalam membimbing anak di era digital

Orang tua tahu tahu bagaimana cara membimbing anak dalam menghadapi serbuan konten digital yang semakin mudah diakses. Media memang memiliki pengaruh besar pada anak-anak, yang mana seiring dengan bertambahnya usia, dampaknya pun semakin besar pada mereka.

Kamu dapat melihat pengaruh tersebut saat bagaimana anak menirukan karakter TV favorit mereka, berpura-pura menjadi bintang YouTube, atau minta dibelikan suatu barang bermerek. Di sinilah pentingnya peran orang tua, terutama ibu, dalam pengasuhan agar berdampak positif pada kehidupan anak-anak.

Cara Membimbing Anak di Era Digital

Berikut adalah lima cara membimbing anak yang dapat dilakukan ibu dalam hal pemanfaatan media dan teknologi.

1. Menunjukkan citra tubuh yang positif

Body shaming adalah isu yang bahkan saat ini menimpa anak-anak. Ini karena mereka sering mendapatkan pesan klise dari media tentang bagaimana mereka harus berpenampilan. Dalam menanggapi hal ini, para ibu perlu membimbing mereka.

Selain itu, ibu juga harus bersikap sewajarnya tentang bentuk tubuh. Menurut studi, ibu yang sering mengkritik tubuhnya sendiri dapat memberi dampak besar pada bagaimana anak berpikir tentang tubuh mereka.

2. Meninggalkan gadget saat makan malam

Ibu harus dominan dan bertanggung jawab atas anak-anaknya ketika makan malam. Buat aturan bahwa seluruh gadget harus ditinggalkan saat makan malam, sehingga keluarga dapat berkomunikasi satu sama lain.

Makan malam adalah momen berkumpul yang sangat penting karena biasanya semua anggota keluarga sudah selesai dengan kesibukannya masing-masing. Studi menunjukkan bahwa berbagi makanan bersama keluarga dapat membantu banyak hal, mulai dari perilaku hingga kesehatan.

3. Pilih media berkualitas tinggi

Ketimbang ayah, ibu memang lebih sering dianggap sebagai orang tua yang paling bertanggung jawab untuk mengatur kehidupan anak-anak. Di era digital seperti sekarang ini, pada akhirnya ibu punya tugas ekstra.

Baca Juga  4 Manfaat Belajar Musik untuk Perkembangan Anak

Terus pantau media yang digunakan oleh anak. Arahkan mereka ke konten digital terbaik, mulai dari memilih acara TV sesuai umur hingga memenuhi tablet dengan aplikasi pendidikan agar membuat anak-anak semangat belajar.

4. Mencontohkan penggunaan teknologi

Banyak orang tua yang masih menggunakan ponselnya sambil mengemudi mobil atau motor. Padahal, mereka sedang membawa anaknya, entah ke sekolah atau ke suatu tempat. Segera hilangkan kebiasaan tersebut karena hal itu mungkin akan diingat anak. Beri contoh anak tentang cara-cara yang baik dalam memanfaatkan teknologi.

5. Memberi tahu batasan-batasan

Anak masih terlalu polos untuk menerima konten mana yang tepat untuk mereka dan yang tidak. Misalnya ada sebuah slogan, logo atau gambar yang seharusnya tidak boleh ada di pakaian, tas atau mainan mereka. Ibu wajib memberi tahu batasan-batasan semacam itu.

Itulah lima cara membimbing anak di tengah-tengah era digital yang makin sulit dikendalikan. Ingat, anak masih belum bisa menyaring informasi mana yang pantas mereka konsumsi. Maka dari itu, orang tua terutama ibu, wajib mengawasi semua media yang diakses anak.

Tags
Lebih banyak

Artikel terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Back to top button
Close