Cara Menghapus Make Up yang Benar Menurut Dokter Kulit

Menghapus make up baik untuk menjaga kesehatan kulit wajah

Pernahkah kamu menunda-nunda menghapus make up atau mungkin pernah ketiduran tanpa sempat membersihkan wajah terlebih dahulu? Dokter kulit menyarankan supaya selalu melakukan beberapa cara menghapus make up yang benar sebelum tidur. Sebab, ini dinilai sebagai langkah yang baik untuk kesehatan dan proses perbaikan kulit.

Cara Menghapus Make Up Sebelum Tidur

Menurut dokter kulit, berikut lima langkah yang perlu kamu ketahui tentang cara menghapus make up.

Langkah 1: Tetapkan Jadwal

Supaya tidak lupa menghapus make up tetapkan jadwalnya. Misal kamu harus menghapus make up sebelum jam 10 malam, lalu buat alarm untuk mengingatkan tentang ini setiap hari. Tidak masalah jika sesekali lupa, namun secara umum menghapus make up bukanlah hal yang bisa ditoleransi.

Ada potensi penyumbatan pori-pori yang sangat nyata. Asap, polutan, radikal bebas, dan racun lain yang beredar bebas di udara juga bisa menempel di kulit wajah. Ini dapat mendatangkan malapetaka dengan menghancurkan kolagen dan akhirnya membuat wajah jadi keriput.

Langkah 2: Steam

Seteam atau menguapi wajah bisa membuka pori-pori, sehingga bakteri dan kotoran yang menempel akan terangkat. Langkah ini membuat kulit lebih siap untuk dibersihkan. Ditambah, rasanya sangat nyaman di wajah. Bagaimana cara melakukannya? Bawalah satu mangkuk air panas dan kemudian posisikan wajah kamu di atas mangkuk tersebut.

Berhati-hatilah, karena yang kamu butuhkan adalah uap dari air panas, bukan air panasnya. Sebab H2O (air) yang sangat panas justru dapat mengupas lapisan kulit sehingga timbul iritasi dan peradangan.

Langkah 3: Membersihkan Maskara

Maskara wajib dihapus sebelum tidur karena sisa-sisanya bisa tertinggal di balik kelopak mata. Kemudian saat membersihkannya pun harus berhati-hati. Penggosokan secara agresif di sekitar kulit kelopak mata dapat membuat kapiler pecah, bengkak atau lebih buruk dari itu.

Baca Juga  Mungkin Ini Alasannya Kenapa Kamu Sulit Move On
cara menghapus make up
Maskara masih tersisa dan tersimpan di bawah kelopak mata. (Photo: Dana Robaei, Ph.D., FRANZCO/aaojournal.org)

Jadi coba hilangkan maskara dengan trik pegang bantalan penghapus make up dengan lembut di atas area mata selama 3 hingga 5 detik. Kemudian sapu secara lembut untuk membuang kotorannya.

Langkah 4: Tambahkan Minyak

Gunakan pembersih berbasis minyak untuk memulai pembersihan make up secara menyeluruh. Minyak adalah pelumas ekstra yang sangat membantu menghapus make up dan menghindari terjadi trauma atau iritasi pada kulit. Gunakan pelembab non-sabun pH netral untuk mengembalikan lemak dan protein kulit, sembari menyerap sisa produk.

Langkah 5: Basuh wajah

Setelah itu basuh wajah lalu keringkan kulit dengan handuk lembut. Jangan gunakan kain abrasif karena bisa berdampak buruk pada kulit. Selain itu, selesaikan rutinitas malam ini dengan mengaplikasikan krim malam untuk mengembalikan kulit kamu saat beristirahat.

Itulah cara menghapus make up tahap demi tahap yang disarankan oleh dokter kulit. Kamu boleh tampil cantik di siang hari dengan make up, tetapi pastikan kulit segar kembali keesokan harinya saat bangun tidur.

Tags
Lebih banyak

Artikel terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close