5 Cara Meningkatkan Semangat Olahraga untuk Diri Sendiri

Memotivasi diri agar kita mau berolahraga secara rutin itu perlu

Sebagai wanita, kamu mungkin sering melakukan sesuatu hal tergantung dengan mood pada saat itu. Apalagi kalau diharuskan untuk berolahraga secara rutin demi mendukung program diet. Jika demikian, sepertinya kamu membutuhkan motivasi untuk meningkatkan semangat olahraga.

Padahal selain baik untuk program dietmu, olahraga yang teratur juga dapat meningkatkan daya ingat dan keterampilan berpikir. Jadi, buat kamu yang sering moody atau memang tidak punya waktu untuk olahraga sibuk, sebaiknya mulai atur lagi jadwal olahragamu.

Tips Meningkatkan Semangat Olahraga

Supaya dapat meningkatkan semangat olahraga dan menjadikannya sebagai prioritas, kamu dapat melakukan beberapa cara di bawah ini.

1. Berkomitmen pada jadwal

Katakanlah kamu ingin berolahraga 3 kali seminggu. Lihatlah kalender lalu lingkari hari-hari yang paling pas untuk berolahraga. Kemudian, buat komitmen untuk mematuhi jadwal tersebut. Sebuah studi menunjukkan bahwa hambatan besar untuk mempertahankan olahraga teratur adalah menyesuaikannya dengan jadwal.

Buat janji ini dengan diri sendiri. Selain itu kamu juga bisa membuat variasi jadwal latihan dalam seminggu agar tidak membosankan.

2. Perluas pengetahuan tentang jenis latihan

Otak kita sangat membutuhkan variasi. Jika kamu terjebak dalam rutinitas latihan lama yang sama, mungkin sudah waktunya untuk mencari yang baru. Cari beberapa ide yang terdengar menarik bagi kamu. Misalnya, coba cari apakah ada tempat senam bersama di dekat tempat tinggal kamu.

Jangan biasakan malas keluar rumah. Hal ini dapat mengakibatkan hilangnya kualitas hidup dan dapat menyebabkan isolasi hingga depresi. Cobalah hal baru dan menantang, berikan diri sendiri waktu untuk beradaptasi untuk melihat apakah kegiatan itu cocok atau tidak.

3. Ikuti pertandingan yang kompetitif

Alih-alih hanya berkumpul bersama teman-teman di restoran fastfood, coba jadwalkan olahraga bareng. Jika kamu masih kuliah atau sekolah, ikuti klub olahraga yang bertanding dalam suatu turnamen atau kompetisi.

Baca Juga  Khasiat Virgin Coconut Oil untuk Kecantikan

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa kompetisi adalah motivasi utama untuk berolahraga. Kamu dapat menggunakannya untuk keuntungan sendiri. Ini menjadi salah satu upaya menggabungkan latihan kebugaran ke dalam kehidupan sosial kamu.

4. Gunakan musik untuk memotivasi

Apakah daftar putar musik Spotify kamu sudah basi? Luangkan waktu untuk membuat daftar putar yang baru dan bagus untuk menemani latihan. Pilih lagu apa yang membuat tubuh jadi aktif bergerak.

Kamu dapat membuat beberapa daftar putar lagu untuk memicu lebih banyak kreativitas dan kesenangan dalam berolahraga.

5. Perbarui perlengkapan olahragamu

Mungkin kamu merasa malas berolahraga karena peralatanmu sudah usang atau tidak up-to-date. Jadi jika pergi ke gym atau tempat senam kamu merasa malu dengan teman-teman yang lain.

Jika kamu merasa demikian, mulai pikirkan untuk membeli peralatan olahraga baru sebagai investasi sekaligus motivasi. Ini bisa sesederhana membeli mendapatkan botol air minum baru, sepatu baru, atau handuk baru. Perlengkapan olahraga yang baru dapat meningkatkan semangat olahraga kamu.

Tags
Lebih banyak

Artikel terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close