Cara Perawatan Bibir Kering Alami Terbaik

Bibir kering bisa diatasi dengan perawatan menggunakan bahan-bahan alami

Jika kamu memiliki bibir kering, maka dianjurkan melakukan rutinitas perawatan bibir kering alami. Pasalnya, menggunakan produk ChapStick saja dinilai masih belum cukup untuk mengatasi permasalahan bibir kering. Dibutuhkan produk-produk yang terbuat dari bahan-bahan alami. Semuanya akan kamu ketahui dalam pembahasan kali ini.

Mengapa Bibir Bisa Kering?

Sebelum menuju ke langkah-langkah perawatan bibir kering, kamu perlu tahu mengapa bibir bisa kering. Beberapa penyebabnya antara lain:

  • dehidrasi,
  • paparan dari udara luar,
  • menjilati bibir sendiri,
  • pengaruh pasta gigi,
  • sedang melakukan diet,
  • kekurangan nutrisi.

Setelah tahu apa penyebab bibir kering yang kamu alami, maka kamu perlu menghindari faktor penyebabnya. Setelah itu perbaiki kondisinya dengan rutinitas perawatan bibir kering alami.

Bahan Perawatan Bibir Kering Alami

Hal pertama yang dapat kamu lakukan untuk melembapkan bibir kering adalah dengan mencari produk yang bahan-bahannya bagus. Berikut adalah empat komponen penting yang sebaiknya ada dalam produk perawatan bibir kamu:

  1. Lilin lebah – Lilin lebah (beeswax) secara alami membentuk lapisan penghalang di permukaan kulit. Ini berfungsi untuk menjaga kelembaban. Tenang saja, lilin lebah akan menyebabkan iritasi atau menyumbat pori-pori, tetapi justru dapat membantu menghilangkan rasa gatal dan ketidaknyamanan. Satu lagi, lilin lebah memiliki aroma dan rasa manis alami.
  2. Minyak Alami – Minyak alami seperti minyak kelapa dan jojoba memberikan nutrisi dan lemak sehat ke bibir kamu. Minyak juga membantu merawat kulit kering serta mempercepat penyembuhan bibir pecah-pecah.
  3. Ekstrak Alami – Ekstrak alami yang dimaksud adalah alternatif yang bagus untuk perasa buatan. Bahan ini akan membuat produk perawatan bibir kamu terasa berbeda. Bukan hanya rasa, tetapi biasanya ekstrak alami juga mengandung manfaat tambahan. Ekstrak calendula sangat bagus untuk menjadi bahan perawatan karena memiliki sifat antibakteri.
  4. Gula – Gula adalah cara paling halus dan alami untuk mengelupas sel kulit mati dari bibir yang kering. Jenis pengelupasan kulit ini akan membantu menjaga bibir tetap lembut dan kenyal. Yang paling disukai dari gula (selain rasanya) adalah kamu tidak perlu khawatir tentang efek samping.
Baca Juga  Hubungan Lebih Romantis Karena Essential Oil Rose

Menjaga Bibir Agar Tetap Lembap

Untuk memulihkan atau menghindari bibir yang kering dan pecah-pecah, coba lakukan beberapa hal di bawah ini:

  1. Menghapus Makeup – Hapus lip stick, gloss atau liner sebelum tidur, karena ini penting untuk mendapatkan hasil maksimal dari rutinitas perawatan bibir.
  2. Eksfoliasi Bibir dengan Lulur Gula – Oleskan sedikit lulur alami yang terbuat dari gula ke bibir kamu. Gunakan jari yang bersih, pijat lembut bibir atas dan bawah, lalu bilas atau jilatlah lulur tersebut. Lakukan hal ini satu sampai dua kali seminggu.
  3. Oleskan Lip Balm – Gunakan lip balm alami setidaknya dua kali sehari untuk tetap melembapkan dan melindungi bibir.
  4. Ubah Perilaku – Ini adalah bagian terpenting dari rutinitas perawatan bibir kering alami. Jauh lebih baik untuk menghindari kondisi bibir kering dan pecah-pecah daripada menyembuhkannya. Minumlah lebih banyak air saat sedang diet.

Semoga bermanfaat!

Tags
Lebih banyak

Artikel terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close