Essential Oil Sandalwood, Harum dan Menyehatkan

Jika hidup Anda terbilang sibuk sehingga kerap didera stres dan merasa lekas lelah, maka mengoleskan Essential Oil Sandalwood bisa menjadi salah satu solusi untuk merasa lebih relaks dan happy.

Diekstrak dari tumbuhan Santalum Album, pohon cendana (sandalwood) berasal dari Asia Selatan, Oceania dan Pasifik Selatan. Pohonnya bisa tumbuh hingga setinggi 33 kaki dengan daun yang mengkilap. Cendana pada awal kehidupannya bersifat parasit karena kecambahnya memerlukan pohon inang untuk mendukung pertumbuhannya. Sistem perakarannya sangat unik, yakni harus mengambil zat nutrisi dari tumbuhan lain. Prasyarat inilah cendana sukar dikembangbiakkan atau dibudidayakan.

Catatan sejarah menunjukkan kayu cendana banyak diperjual belikan di Era Jalur Sutra terutama karena keharumannya. Di India, kayu dengan aroma khas ini hingga sekarang masih digunakan sebagai salah satu elemen dalam ritual religius. Tak heran bila pohon cendana disakralkan. Pohon Cendana kini bahkan dilindungi secara khusus di India dan hanya boleh dipanen dalam kondisi tertentu. Mengapa? Karena pohon cendana memerlukan waktu 60 tahun untuk tumbuh dan dapat diambil kayunya.

Di era Mesir Kuno, kayu cendana dan essential oil Sandalwood hanya bisa dibeli oleh kaum bangsawan. Essential oil Sandalwood digunakan dalam proses pembalseman dan banyak mumi terbukti menggunakan essential oil Sandalwood pada saat proses mumifikasi dilakukan. Sepanjang sejarahnya di berbagai bangsa besar dunia, essential oil Sandalwood banyak digunakan dalam aromaterapi dan dikenal sebagai minyak atsiri yang dapat mengurangi stres, perasan tertekan, mengurangi gejala sakit kepala, migrain, serta memperbaiki kualitas tidur.

 

Cendana di Indonesia

Di Indonesia, kayu cendana banyak ditemukan di Nusa Tenggara Timur, khususnya di Pulau Timor. Sebagian kecil kayu cendana juga tumbuh di Pulau Jawa dan pulau-pulau Nusa Tenggara lainnya. Kayu cendana wangi (Santalum album) kini sangat langka dan harganya sangat mahal. Kayu yang berasal dari daerah Mysoram di India selatan biasanya dianggap yang paling bagus kualitasnya. Di Indonesia, kayu cendana dari Timor juga sangat dihargai. Sebagai gantinya sejumlah pakar aromaterapi dan parfum menggunakan kayu cendana jenggi (Santalum spicatum). Kedua jenis kayu ini berbeda konsentrasi bahan kimia yang dikandungnya, dan oleh karena itu kadar harumnya pun berbeda.

Baca Juga  Tips Memakai Maskara, Bolehkah Dipakai Setiap Hari?

 

Manfaat Essential Oil Sandalwood

Antiseptik dan Antibakteri

Essential oil Sandalwood dapat digunakan dengan aman secara topikal untuk melawan infeksi baik dari dalam maupun luar. Dalam hal perawatan jerawat, hasil dari sebuah uji klinis tahun 2012 menemukan bahwa mengoleskan campuran essential oil Sandalwood dengan asam salisilat pada kulit remaja dan orang dewasa dengan jerawat ringan selama delapan minggu memperlihatkan hasil sekitar 89% individu mengalami pengurangan jerawat.

 

Anti-inflamasi

Peradangan adalah masalah besar sehari-hari, dan kandungan α-santalol dan β-Santalol dalam essential oil Sandalwood bertindak sebagai antiinflamasi. Sebuah studi tahun 2014 menemukan bahwa santanol dalam essential oil Sandalwood -lah yang bersifat anti-inflamasi.

 

Antispasmodik

Khasiatnya yang menenangkan membuat essential oil Sandalwood dapat mengurangi kejang otot ketika dioleskan secara internal. Berguna untuk pengobatan batuk, nyeri, atau kram.

 

Penenang dan Penguat Memori

Essential oil Sandalwood sering digunakan dalam aromaterapi dan dalam pengobatan alami karena memiliki kemampuan untuk menghilangkan sakit kepala dan migrain, meningkatkan daya ingat dan kemampuan konsentrasi, juga bertindak sebagai obat penenang ringan.

 

Penghilang rasa sakit

Karena efek analgesiknya, essential oil Sandalwood kadang-kadang berguna untuk menghilangkan rasa sakit, karena reseptor α-santalol dan β-Santalol yang berpengaruh dalam modulasi rasa sakit. Menurut sebuah penelitian yang dilakukan pada tahun 2000, α-santalol memiliki efek analgesik memungkinkan untuk menghilangkan rasa sakit serta pengaturan kadar dopamin dan serotonin di otak.

 

Jika Anda mencari essential oil Sandalwood terbaik, Essentia-Natural rekomendasinya. Essentia-Natural adalah produk kecantikan  yang menggunakan bahan alami sehingga aman untuk kulit dan terjamin kualitasnya. Anda bisa mendapatkan Essential oil Sandalwood terbaik dan berbagai produk kecantikan alami lainnya dengan mengunjungi toko online Essentia-Natural :

Baca Juga  Memakai Conditioner Setelah Keramas, Mempunyai Manfaat yang Amazing Untuk Kesehatan Rambut

> Shopee : http://shopee.co.id/essentianaturalli

> Tokopedia : http://bit.ly/tokped_essentianaturalli

>  website : http://www.essentia-natural.com atau

> Whatsapp : http://bit.ly/essentianaturalli

GET FREE MASKER …….

@essentiaindonesia / @naturalliindonesia

Tags
Lebih banyak

Artikel terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close