Inilah Rahasia dari Sebuah Hubungan yang Langgeng

Sebuah penelitian mengungkap kunci dari hubungan yang langgeng

Ketika ditanya tentang apa rahasia hubungan yang langgeng, sebagian orang mungkin akan menjawab komunikasi yang baik atau minat yang sama.  Akan tetapi, sebuah penelitian dari University of Virginia pada tahun 2006, mengungkapkan bahwa sebagian besar dari 3.000 responden menjawab “kemurahan hati.”

Hal itulah yang membuat banyak peneliti yang mempelajari hal apa yang bisa mengakibatkan sebuah hubungan berlangsung dalam jangka panjang. Kemudian pada tahun 2014, peneliti John Gottman menambahkan bahwa kebaikan dan kedermawanan adalah dua elemen paling penting dalam suatu hubungan yang baik.

Tips Menjalani Hubungan yang Langgeng

Merangkum dari hasil penelitian tersebut para ahli, berikut adalah beberapa hal penting untuk kamu ketahui tentang rahasia di balik hubungan yang langgeng.

1. Belajar menjadi murah hati

Sifat murah hati tidak dimiliki oleh setiap orang. Tetapi, setiap orang bisa melatihnya agar terbiasa. Hal itu dibuktikan dalam sebuah eksperimen yang dilakukan di Hebrew University pada tahun 2007. Anggap saja kemurahan hati adalah otot dan kamu perlu melatihnya. Dengan sering dilatih, maka kamu bisa membangun kekuatan otot. Sama halnya dengan kemurahan hati.

2. Menumbuhkan semangat kemurahan hati

Mencoba ‘membeli’ kasih sayang tidak menggambarkan sebuah hubungan yang sehat. Kedermawanan sejati bukanlah dengan melakukan hal-hal yang membuat diri kita merasa sombong atau superior dalam suatu hubungan. Setelah menikah, memenuhi kebutuhan keluarga adalah soal memahami bahwa ketika kita memberi, maka ada sesuatu yang kita dapatkan, yaitu kebahagiaan.

3. Mudah memaafkan dan hindari dendam

Hampir setiap hubungan pasti pernah mengalami ketidaksepahaman. Maslaah yang sering terjadi misalnya kepercayaan yang dilanggar, lupa dengan janji, mengabaikan keluhan, dll. Tentu saja, kita harus meminta maaf, menebus kesalahan dan mendengar keluhan pasangan tanpa bersikap defensif. Pasalnya, sebagian besar konflik muncul karena masalah kecil yang dibesar-besarkan.

Baca Juga  4 Persiapan Pernikahan yang Dianggap Kurang Penting

4. Beri pasangan kepercayaan

Jika dia tidak menelepon padahal bilang akan melakukannya, mungkin dia sedang sibuk di tempat kerjanya. Jika dia terlambat pulang, mungkin lalu lintas lebih macet dari biasanya atau ada tugas lembur. Beri pasangan kepercayaan yang membuat mereka nyaman. Ini berbeda dengan tidak perhatian tetapi lebih mengacu pada pepatah, “Jangan memusingkan hal-hal kecil.”

5. Murah hati adalah memberi perhatian

Salah satu hadiah paling penting yang dapat kita berikan kepada pasangan adalah perhatian nyata kepadanya. Perhatikan bagaimana perasaan pasanganmu, ingat apa yang penting baginya dan dengarkan cerita mereka. Tidak peduli kalau Anda pernah mendengarnya sebelumnya atau tidak berminat terhadap apa yang dia bicarakan.

Kemurahan hati itu penting dalam setiap hubungan. Memberi dan menerima kasih sayang, melakukan berbagai hal bersama, saling memaafkan dan menjaga perasaannya semua membutuhkan kemurahan. Itulah rahasia hubungan yang langgeng, terutama setelah melangkah ke jenjang pernikahan.

Tags
Lebih banyak

Artikel terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close