Trending

IWTIF, Festival Wellness Tourism Kelas Internasional Datang Lagi

Melalui akun Instagramnya, IWTIF (Indonesia Wellness Tourism International Festival) membagikan teaser.

Melalui akun Instagramnya (@iwtif_), IWTIF (Indonesia Wellness Tourism International Festival) telah membagikan teaser baru. IWTIF, sebuah event internasional yang pernah dilaksanakan pada September 2021 akan dilaksanakan lagi di tahun 2022 ini. IWTIF merupakan festival internasional yang dipelopori oleh 3 asosiasi yaitu IWSPA, WHEA, dan IWMA dalam rangka mengenalkan wellness tourism khas Indonesia kepada dunia.

Menurut GWEM (Global Wellness Economy Monitor) tahun 2017, Indonesia menempati peringkat ke-17 dalam Top 20 Wellness Tourism Market. Hal ini tentu saja menjadi sebuah tanda bahwa wellness tourism Indonesia dapat bersaing di kancah global.

Spa dan Wellness

Spa dan wellness merupakan tradisi sejak zaman dahulu dan mengakar kuat di berbagai wilayah di Indonesia. Tradisi tersebut mengalami berbagai adaptasi dari setiap generasi, termasuk dengan adanya pengaruh dari agama Hindu, Budha, dan Muslim. Akulturasi dari berbagai agama dan wilayah tersebut menciptakan variasi spa dan wellness. Sebagai bentuk gaya hidup dan kesehatan, spa dan wellness adalah hal yang tak dapat dipisahkan dari pariwisata Indonesia.

Pada tahun 2022, IWTIF akan dilaksanakan pada bulan Juli hingga Agustus. Di website iwtif.com, pengunjung dapat melihat-lihat dan membeli berbagai produk dari UMKM/IKM seluruh Indonesia. Selain itu, ada pula webinar dengan narasumber yang kompeten. IWTIF juga mempunyai pelatihan teknis seperti membuat hand sanitizer sendiri dan membuat aromaterapi dengan bahan-bahan yang mudah didapatkan di sekitar kita.

Etnowellness

Selain itu, IWTIF 2022 mempunyai beberapa tujuan lain antara lain menjadikan ethnowellness Indonesia menjadi sebuah citra yang dikenal oleh masyarakat dunia. Harapannya, Etnowellness dapat bersaing dengan Ayurveda (India) yang dikenal dengan yoga atau Traditional Chinese Medicine (China) yang dikenal dengan taichi. Platform digital ini merupakan usaha mengenalkan generasi muda agar mau mengenal spa dan wellness. Tujuannya agar spa dan wellness dapat menjadi tren baru sebagai pilihan healing.

Rasanya sudah tidak sabar menanti perhelatan akbar yang didukung pula oleh Kemenparekraf ini. Apalagi sebagai alternatif selain solo travel atau stacation, Kemenparekraf berharap agar IWTIF dapat dikembangkan menjadi event tahunan. Lebih lanjut IWTIF diharapkan dapat menjadi ikon wisata medis, olahraga dan wisata kesehatan ilmiah khas Indonesia yang dikenal di seluruh dunia.

Baca Juga  Ini Gaya Hidup Sehat yang Harus Dipertahankan Selama dan Sesudah Pandemi
Lebih banyak

Artikel terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Back to top button
Close