JAGA KESEHATAN PARU-PARU DENGAN BREATHING EXERCISE

Menjaga kesehatan secara menyeluruh merupakan hal penting untuk dilakukan di masa pandemi ini. Selain menjaga asupan nutrisi dan berolahraga, ada satu hal yang bisa dilakukan untuk menjaga dan meningkatkan kesehatan kita yakni dengan melakukan breathing exercise atau latihan pernapasan.
 
Dr. Wanarani Aries, Sp. KFR dari Departemen Rehabilitasi Medik RSCM menyebutkan meskipun saat ini pemberian vaksinasi untuk Covid-19 telah mulai dilaksanakan, hal itu tidak cukup untuk menjamin 100% seseorang bebas dari ancaman penularan.
 
Penerapan protokol kesehatan harus diimbangi juga dengan penerapan gaya hidup sehat. Seperti diketahui, salah satu sistem yang rentan terserang Covid-19 adalah sistem pernapasan. Oleh karena itu, menjaga organ-organ terkait pernapasan juga perlu dilakukan. Adapun organ pernapasan adalah mulai dari hidung hingga paru-paru.
 
Wanarani menjelaskan selain berolahraga, melakukan latihan pernapasan juga bisa menjadi pilihan untuk menjaga kesehatan sistem pernapasan.
 
“Breathing exercise itu sangat baik dan berdampak spesifik ke saluran pernapasan. Jika latihan pernapasan dilakukan secara rutin maka bisa memperkuat otot-otot di saluran napas,” jelasnya saat mengisi webinar #VAKSINSAJATIDAKCUKUP.
 
Lebih lanjut dia menerangkan salah satu teknik latihan pernapasan adalah dengan menghirup udara dalam-dalam melalui hidung dan mengeluarkannya melalui mulut. Akan lebih baik lagi jika latihan pernapasan ini dilakukan di area terbuka dengan udara yang baik. Namun, tetap perlu berhati-hati.
 
“Kalau bisa memang cari ruang terbuka, tetapi harus hati-hati. Perhatikan apakah ada orang di sekitar kita. Perhatikan juga arah angin kemana. Jangan sampai ketika kita menghembuskan nafas arahnya kena ke orang lain,” jelasnya.
 
Latihan pernapasan ini sangat dianjurkan karena bisa melatih diafragma atau otot paru-paru untuk merenggang. Paru-paru yang biasa dilatih maka memiliki potensi mengembang lebih jauh dan bisa menerima oksigen lebih banyak. Otot-otot yang terkait pun bisa lebih elastis. Sementara itu, paru-paru yang tidak terbiasa dilatih, ototnya rentan kaku sehingga bisa lebih mudah sesak napas.
 
“Saat latihan, cobalah untuk bernapas secara maksimal, sehingga oksigen bisa maksimal juga masuk ke dalam tubuh hingga organ-organ terkait,” tambahnya.
 
Dia juga mengatakan latihan pernapasan juga bisa dilakukan dengan menambahkan menghirup aromaterapi. Jika tidak ada diffuser, kita bisa meneteskan aromaterapi di wadah yang berisi air panas.
 
“Jika diteteskan di air panas, maka aromaterapi akan ikut menguap dengan uap air panas tersebut. Ketika menguap, maka partikel-partikelnya menjadi lebih kecil dan lebih mudah masuk ke sel-sel pernapasan kita,” ungkapnya.
 
Adapun, berdasarkan informasi dari berbagai sumber, sejumlah aromaterapi yang dapat digunakan untuk inhalation antara lain cajeput, eucalyptus, peppermint, lavender, lemongrass, rosemary.
 
Sementara itu, aromaterapi yang bisa digunakan untuk membersihan udara antara lain peppermint, tea tree, lemon, cinnamon, basil, lavender, dan grapefruit.
 
Selain menjaga kesehatan paru-paru, latihan pernapasan dengan aromaterapi juga bisa membantu menciptakan efek rileksasi bagi pikiran, karena kerjanya yang bisa menstimulasi sistem limbik yang berada di otak.
 
“Tapi perlu diingat bahwa aromaterapi tidak bisa untuk menggantikan obat. Dan efek dari satu aromaterapi bisa berbeda-beda di setiap orang,” tambahnya.
 
MEMULAI BREATHING EXERCISE
 
Gaya latihan pernapasan sangat bermacam-macam. Berikut ini ada satu teknik yang bisa kamu lakukan untuk mulai mencoba latihan pernapasan sambil menggunakan aromaterapi.
 
Pertama, siapkan alat-alat pendukung yang dibutuhkan seperti wadah dari keramik atau kaca, air panas, dan essential oil yang disarankan untuk pernapasan.
 
Berilah alas di wadah berisi air panas. Alasnya bisa menggunakan handuk tebal. Jangan lupa untuk tetap berhati-hati agar tidak tersiram air panas.
 
Teteskan beberapa tetes essential oil ke dalam air panas dan mulailah melakukan latihan pernapasan:
1. Duduklah dengan posisi tubuh yang tegak tetapi tetap santai. Pegang mangkuk berisi air panas dan tetesan aromaterapi di pangkuanmu.
2. Pejamkan mata, konsentrasi, dan relax.
3. Tutup hidung kanan dengan ibu jari, lalu letakan ujung jari tengah dan telunjuk di antara dua alis.
4. Ambil oksigen sebanyak-banyaknya dari lubang hidung kiri, lalu hembuskan karbondioksida dari lubang hidung yang sama (kiri) hingga karbondioksida di tubuh Anda keluar semua.
5. Lakukan hal ini sebanyak 7 hingga 21 kali. Lakukan secara bergantian baik untuk lubang hidung kanan maupun lubang hidung kiri.
 
Teknik latihan pernapasan lain yang bisa Anda coba adalah:
1. Pejamkan mata, konsentrasi dan relax.
2. Tutup lubang hidung kanan dan letakan ujung jari tengah dan telunjuk diantara dua alis.
3. Hirup napas dalam-dalam, melalui lubang hidung sebelah kiri, rasakan udara masuk hingga ke paru-paru.
4. Lalu tutup lubang hidung sebelah kiri menggunakan jari manis, lepaskan ibu jari lalu hembuskan karbondioksida melalui lubang hidung kanan.
5. Lakukan hal ini sebanyak 7 hingga 21 kali jika ingin maksimal.
6. Lakukan teknik yang sama pada lubang hidung yang lainnya.
 
Latihan pernapasan ini bisa dilakukan minimal satu kali sehari untuk tetap menjaga sistem pernapasan tetap sehat.
 
Satu hal penting lainnya adalah jangan lupa menggunakan aromaterapi yang berkualitas baik, yakni murni dari ekstraksi tanaman bukan berasal dari bahan kimia buatan.
 
Salah satu produk essential oil yang sudah terjamin kualitasnya bagi kesehatan adalah produk-produk dari SPA ESSENTIA. Karena, SPA ESSENTIA sudah menjamin seluruh produknya telah nelalui riset dan pengembangan yang berkelanjutan. Produk-produknya juga telah melewati uji klinis seperti tes alergi, baik bagi kulit sensitif. Selain itu, pengujian efek produk tidak dilakukan terhadap hewan.
 
Produk minyak atsiri ESSENTIA juga telah memiliki Certificate of Origin dan Certificate of Purity. Dua jenis sertifikat itu penting untuk menjamin kandungan dari produk essential oil yang ditawarkan. Sebagai informasi, Certificate of Origin adalah sertifikat yang menunjukkan murni atau tidaknya essential oil yang dihasilkan. Sementara itu Certificate of Purity menjelaskan bahwa tumbuhan/bahan pembuat essential oil itu tidak menggunakan bahan kimia dalam penanamannya.
 
Untuk mendapatkan produk aromaterapi dari ESSENTIA, Anda bisa mendapatkannya dengan harga terbaik di toko online Essentia-Natural :
Baca Juga  Cara Merawat Kulit Kering, Hindari 5 Bahan Dapur Ini
Tags
Lebih banyak

Artikel terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close