Lakukan 3 Hal untuk Mencegah Daya Ingat Menurun

Ada upaya yang dapat dilakukan untuk mengatasi penurunan daya ingat secara dini

Daya ingat menurun bukanlah hal yang normal dari proses penuaan. Otak merespons yang sama dengan bagian tubuh lainnya pada saat kita saat stres, pola makan buruk, kurang olahraga, kekurangan nutrisi, dll. Maka dari itu, kita sebenarnya dapat mencegah dan membalikkan penurunan kognitif pada usia berapa pun asal melakukan cara yang tepat.

Demensia dan Alzheimer bertanggung jawab atas kematian satu dari setiap tiga manula. Namun penurunan daya ingat tak hanya melanda manula. Sejumlah 5 persen dari semua kasus Alzheimer dapat terjadi pada usia berapa pun.

Cara Mencegah Daya Ingat Menurun Dini

Nah, untuk mencegah potensi mengalami penyakit terkait otak dan mental tersebut, ada tiga hal penting yang perlu kita lakukan. Berikut tips yang diberikan oleh Mark Hyman, M.D. (Direktur Klinik Cleveland untuk FUnctional Medicine) dikutip dari Mind Body Green.

1. Lebih memerhatikan makanan

Tips mencegah daya ingat menurun yang pertama ini terkesan sederhana, namun dapat memberi dampak besar. Setidaknya 75 persen dari piring kamu harus diisi dengan makanan yang berwarna-warni. Makanan super yang berwarna-warni ini sarat dengan senyawa yang baik untuk kinerja otak. Seperti fitonutrien dan antioksidan, yang mana juga berkhasiat melawan efek radikal bebas.

Nikmati beragam pilihan makanan warna-warni yang alami seperti blueberry, lobak, dan tomat, dan sayuran hijau. Perbanyak juga mengonsumsi lemak, dengan jumlah yang wajar, karena zat ini membentuk sebagian besar otak (60 persen). Itulah sebabnya diet rendah lemak dapat menyebabkan kelelahan, kabut otak, perubahan suasana hati, dan gejala-gejala lainnya.

2. Tetap berolahraga

Berolahraga bukan berarti kamu harus pergi ke gym, tetapi juga dapat dengan melakukan apa pun yang sekiranya menyenangkan, selama seluruh tubuh ikut bergerak. Misalnya berkumpul dengan teman dekat sambil yoga atau senam. Olahraga sangat penting untuk kesehatan otak karena dapat meningkatkan aliran darah dan metabolisme, bahkan pada saat tubuh menua.

Baca Juga  Manfaat Buang Air Besar Rutin untuk Keseimbangan Hormon Wanita

Hiking, yoga, panjat tebing, berenang, apa pun itu, lakukanlah secara teratur. Sebagai tambahan, berkumpul dengan orang lain adalah cara ampuh untuk mendukung daya ingat. Perlu diketahui bahwa Isolasi sosial sering dikaitkan dengan berbagai efek kesehatan yang merugikan termasuk penurunan kognitif.

3. Waktu istirahat harus cukup

Stres sangat berbahaya bagi tubuh untuk alasan apapun, termasuk bisa berdampak pada otak. Hormon stres merusak hippocampus—pusat memori di otak—yang menyebabkan hilangnya memori dan demensia.

Studi bahkan telah menemukan bahwa stres adalah faktor risiko untuk tahap praklinis Alzheimer. Ini dapat menimbulkan gangguan kognitif ringan yang dapat terus memburuk seiring dengan berjalannya waktu. Tidur sama pentingnya, karena pada waktu inilah kita membiarkan otak untuk beristirahat. Kurang tidur mempengaruhi konektivitas antara neuron di hippocampus secara negatif.

Daya ingat menurun adalah bagian yang tak terhindarkan dari proses penuaan. Namun, sebenarnya ada banyak upaya sederhana dan alami yang dapat kita lakukan mulai dari sekarang untuk tetap memiliki pikiran yang tajam, berapapun usianya.

Tags
Lebih banyak

Artikel terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Back to top button
Close