Legakan Pernapasan Melalui Inhalasi dengan Aromaterapi

Pendemi Corona Virus Disease 2019 (Covid-19) yang sudah melanda berbagai negara di dunia dalam satu tahun terakhir, semakin menyadarkan manusia, bahwa menjaga tubuh kita dari udara yang bersih dan sehat sangatlah penting.

Bisa bernapas dengan lega dan nyaman merupakan anugerah Tuhan yang paling besar dalam hidup kita. Napas sangat penting karena menjadi salah satu indikator kehidupan seseorang. Oleh karena itu, menjaga seluruh organ-organ tubuh terkait pernapasan pun menjadi sangat penting.

Salah satu organ utama dalam sistem pernapasan adalah hidung, yang merupakan pintu utama keluar masuknya udara. Hidung juga merupakan alat indra manusia yang dapat menangkap rangsang berupa bau atau zat kimia berupa gas karena di dalamnya terdapat serabut syaraf pembau yang dilengkapi dengan sel-sel pembau. Setiap ujung selnya memiliki rambut-rambut halus dan dilapisi selaput lendir yang berfungsi sebagai pelembab rongga hidung.

Dengan banyaknya elemen yang terkandung didalamnya, menjaga kebersihan rongga hidung harus dilakukan dengan cara yang tepat. Misalnya saja mencuci rongga hidung dengan menggunakan cairan steril seperti NaCL.

Selain hidung, organ pernapasan yang perlu dijaga adalah paru-paru, karena paru-paru berfungsi mengambil oksigen dari udara yang dihirup, disebar ke aliran darah, dan didistribusikan ke seluruh bagian sel. Adapun, cara menjaga paru-paru tetap sehat salah satunya dengan menghindari polusi udara. Jika kita terus menerus menghirup udara yang tak bagus maka bisa menimbulkan rasa sesak saat bernapas.

Lalu bagaimana agar kita bisa tetap berada di lingkungan dengan udara yang bersih dan sehat? Penggunaan aromaterapi bisa menjadi pilihan. Kita bisa menyebarkan zat aktif aromaterapi melalui difusser. Bisa pula menggunakan metode inhalasi. Bahkan, metode inhalasi atau aromaterapi ini juga berfungsi untuk melegakan pernapasan yang terasa berat dan sesak. Beberapa contoh aromaterapi yang baik untuk sistem pernapasan dan bisa membantu melegakan napas adalah eucalyptus dan peppermint. Aroma mint yang segar bisa membantu seseorang bernapas dengan lebih lega.

Baca Juga  Supaya Kulit Tidak Cepat Tua, ini lho Pentingnya Pakai Serum!

Inhalasi menggunakan aromaterapi bisa dilakukan dengan mencampurkan minyak atsiri ke dalam wadah berisi air panas. Aroma dari minyak atsiri atau essential oil yang menguap sangat baik dan bisa membantu melegakan pernapasan seseorang. Bahkan beberapa penelitian mengungkapkan bahwa terapi uap dengan aromaterapi eucalyptus memang efektif menurunkan sesak napas bagi seseorang.

Tata Cara Inhalasi Dengan Aromatherapi

Cara inhalasi atau terapi uap dengan aromaterapi ini pun terbilang cukup mudah. Berikut ini adalah tata cara menggunakan aromatherapi dengan metode penguapan atau inhalasi:

1.Sediakan wadah penampung yang tahan panas

2.Tuangkan air panas secukupnya

3.Masukan 2 tetes eucalypthus, 2 tetes peppermint dan 2 tetes lavender atau 2 tetes cajeput, 2 tetes lemongrass dan 1 tetes rosemary

4.Hirup uap air panas yang telah dicampurkan aromaterapi

Dengan metode inhalasi, aromaterapi akan masuk ke dalam sistem pernapasan. Sebab tetesan minyak atsiri akan diubah menjadi aerosol oleh air panas sehingga dapat dihirup dan masuk ke dalam organ saluran pernapasan hingga masuk ke dalam paru-paru.

Namun dalam menjalankan metode ini, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan. Pertama, saat menaruh wadah air panas dan tetesan aromaterapi lakukan di di dalam ruangan tertutup agar uap akan tetap berada di ruangan tersebut dalam jangka waktu yang lebih lama.

Jika tidak ada ruangan tertutup yang aman, Anda bisa menggunakan handuk. Lalu tutup kepala Anda yang menghadap ke permukaan wadah berisi campuran air panas dan aromaterapi. Hal ini dilakukan untuk mengoptimalkan uap yang keluar terhirup maksimal oleh kita.

Inhalasi dengan aromaterapi juga bisa dikombinasikan dengan latihan olah napas. Banyak penelitian yang mengkaji manfaat olah napas bagi kesehatan sistem pernapasan. Indian Journal of Physiology and Pharmacology mengemukakan bahwa terjadi peningkatan kapasitas vital pernapasan yang signifikan setelah 2 hingga 5 menit latihan pernapasan dalam.

Baca Juga  JAGA KESEHATAN PARU-PARU DENGAN BREATHING EXERCISE

Namun, hal tersebut perlu dilakukan dengan hati-hati, apalagi jika ada anak kecil di ruangan tersebut. Tingkat kewaspadaan tetap perlu dijaga agar kita ataupun anak-anak tidak terkena air panas yang juga bisa berbahaya bagi tubuh.

Hal lainnya yang perlu diperhatikan adalah menjaga pola hidup yang sehat. Rutin berolahraga dan hindari mengkonsumsi rokok menjadi cara yang banyak disarankan untuk menjaga sistem pernapasan.

Dengan melakukan olahraga maka detak jantung akan meningkat dan paru-paru pun bekerja lebih keras. Paru-paru akan meningkatkan aktivitasnya untuk mengirimkan oksigen yang dibutuhkan tubuh. Namun, melakukan olahraga juga perlu disesuaikan dengan kebutuhan masing-masing orang.

Sementara dengan tidak mengkonsumsi rokok, artinya Anda tidak membiarkan sejumlah zat perusak yang terkandung didalamnya masuk ke dalam tubuh. Berbagai jurnal menyebutkan bahwa asap rokok mengandung banyak sekali racun dan jika masuk ke dalam saluran napas dapat mempersempit saluran udara dan mempersulit pernapasan.

 

Kamu bisa membeli aromatherapy dengan kualitas dan harga terbaik di toko online Essentia-Natural :

> Shopee : http://shopee.co.id/essentianaturalli

> Tokopedia : http://bit.ly/tokped_essentianaturalli

>  website : http://www.essentia-natural.com atau

> Whatsapp : http://bit.ly/essentianaturalli

 

GET FREE MASKER …….

@essentiaindonesia / @naturalliindonesia

#kosmetiknatural #kosmetikorganik #bodyscrub #kosmetikalamiah #essentialoilindonesia #minyakatsirindonesia #aromatherapyindonesia #VaksinAjaTidakCukup

Tags
Lebih banyak

Artikel terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Back to top button
Close