Love Wearing Heels?

Tetap Gaya Tapi Aman Bagi Kaki

Bagi wanita, sepatu adalah bagian penting dalam penampilan, bahkan sepatu menjadi semacam ikon/simbol, antara kekuasaan dan seksualitas: stiletto, boots, wedges… Selama sepatu yang dipakai menambah tinggi badan, maka tingkat percaya diri juga ikut terangkat.  Banyak wanita rela menahan sakit demi sepasang kaki jenjang yang disangga hak sepatu yang tinggi. Namun demikian, jangan lupa, fungsi kaki untuk menyangga tubuh kita dapat terganggu jika kita salah memilih sepatu, atau memaksakan berjalan dengan sepatu yang tidak nyaman di kaki.  

Setidaknya ada empat masalah pada kaki yang dapat timbul akibat salah dalam memilih sepatu dengan hak tinggi:  

  1. Pergelangan Kaki Menjadi Rentan  

Ketika memakai sepatu hak tinggi, maka pergelangan kaki menjadi bagian yang paling rentan, karena posisinya menjadi tidak stabil, artinya ketika melangkah ada pergerakan sendi yang bergeser posisinya sehingga pergelangan kaki harus bekerja lebih berat untuk menjaga keseimbangan. Ini dapat membuat pergelangan kaki mudah cidera.   

  1. Ligamen Lemah  

Ligamen merupakan jaringan ikat yang berbentuk seperti pita berkas kolagen dan berfungsi merekatkan tulang pada tulang lain untuk mengatur derajat gerak pada sendi. Pergelangan kaki merupakan salah satu  persendian yang kompleks dalam tubuh manusia. Ligamen pada pergelangan kaki merupakan pita2 lentur yang membantu gerak sendi pada saat kita berjalan, Pada saat pergelangan kaki kita mengalami cedera akibat keseleo, kemungkinan ligamen ikut tertarik dan rusak, sehingga mempengaruhi kelenturan/gerak dan stabilitas pada sendi. Karena kelenturan ligamen terganggu, kejadian yang sama dapat terulang dan pergelangan kaki gampang cedera. Maka jangan heran kalau ada orang yang berulang kali terkilir pada pergelangan kaki yang sama.

  1. Kram Pada Betis. 

Berjinjit pada saat melakukan senam dapat membantu memperkuat kaki bagian bawah. Namun saat menggunakan sepatu dengan hak tinggi, maka posisi kaki terus-menerus berjinjit.  Saat  memakai sepatu hak tinggi, betis dipaksa untuk menyesuaikan posisi tumit terhadap tungkai bagian atas, akibatnya betis dapat mengalami kram. Betis mengeras selama beberapa saat yang dapat membuat kita cidera.

4. Tumit Mudah Goyah   

Saat berjalan tanpa alas kaki, tumit kita menjejak di lantai sehingga gerak tungkai menjadi mantap dan stabil. Ketika memakai sepatu dengan hak tinggi, maka tumit kita bekerja untuk menjaga stabilitas langkah kita di atas hak yang lebih kecil, akibatnya bagian lain dari kaki harus membantu agar kita dapat berjalan dengan baik. Maka tak jarang kita merasakan kram di jari-jari kaki, sakit pada betis bahkan dapat mengalami plantar fascia  yaitu peradangan yang terjadi pada kumpulan jaringan yang menghubungkan tulang tumit dengan jari-jari kaki.

Apakah itu semua berarti kita harus meninggalkan high heels kesayangan? Tentu saja tidak, ada beberapa hal yang perlu kita perhatikan untuk mencegah cedera kaki dan menjaga fungsi kaki dan tungkai sebagai penyangga tubuh kita agar bertahan sepanjang hidup kita. Di bawah ini beberapa tips yang bisa membantu: 

  1. Wedges: memakai wedges memungkinkan area penyangga kaki lebih luas, sehingga tidak mengganggu stabilitas tumit saat melangkah, karena kontak antara sepatu dengan lantai lebih merata dibanding hak tinggi seperti stiletto.  
  2. Platform heels: sepatu jenis ini biasanya lebih tinggi dibanding sepatu tanpa platform, namun demikian, bagian depan sepatu juga ditambah ketebalannya sehingga kemiringan tumit terhadap jari kaki lebih landai sehingga berat tubuh yang disangga kaki tidak hanya bertumpu pada tumit, tapi lebih tersebar ke bagian kaki lainnya.
  3. Pilih sepatu yang nyaman, sesuai dengan lengkung kaki, hal ini perlu untuk menjaga agar beban kaki tersebar lebih merata, dan mencegah cedera pada jaringan yang menghubungkan tumit dan jari-jari kaki. 
  4. Istirahatkan kaki secara berkala, saat memakai high heels untuk waktu lama, misalnya saat bekerja di kantor.
  5. Sepatu dengan tali pada pergelangan kaki, dapat membantu agar menjaga gerak tumit dan pergelangan kaki lebih stabil saat melangkah. 

Dirangkum dari berbagai sumber oleh: Pingkan MD.  

Baca Juga  Seri Wastra Nusantara - Filosofi Dibalik Keindahan Kerawang Gayo
Tags
Lebih banyak

Artikel terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Back to top button
Close