Hindari Sembelit dengan Makanan untuk Kesehatan Usus Ini

Sembelit bisa disebabkan karena masalah yang terjadi di usus

Sembelit atau konstipasi merupakan kondisi yang cukup umum pada orang dewasa maupun anak-anak. Masalah ini dapat muncul tiba-tiba, tetapi seringkali karena alasan yang sangat sederhana. Diet adalah penyebab utamanya, terutama ketika kita tidak mendapat cukup makanan untuk kesehatan usus seperti serat dan air.

Makanan untuk Kesehatan Usus yang Harus Dikonsumsi

Jika Anda sering mengalami konstipasi, jangan terus-menerus bergantung pada obat. Perbaiki masalah yang menyebabkan usus tidak bekerja sebagaimana mestinya agar dapat mencegahnya terjadi lagi. Berikut beberapa daftar makanan (dan minuman) yang baik untuk kesehatan usus.

1. Air Putih

Untuk beberapa alasan, penyebab sembelit yang paling jelas adalah tidak cukup minum. Ketika tubuh mengalami dehidrasi, berarti setiap limbah di usus akan ‘macet’ karena feses tidak mendapat cukup kelembapan. Kotoran pun akan menjadi kecil, keras, kering, dan kental. Minumlah air putih setidaknya 2 liter setiap hari. Kita tidak akan membersihkan selang tanpa air, bukan?

2. Produk Susu Fermentasi

Yogurt dan kefir adalah dua jenis produk susu fermentasi yang baik menjadi makanan untuk kesehatan usus. Keduanya mengandung probiotik, yang merupakan jenis bakteri ‘ramah’ untuk membantu memecah makanan yang masuk ke dalam tubuh. Probiotik telah terbukti dapat meningkatkan pencernaan dan pembuangan sehingga kesehatan usus pun terjaga.

3. Biji Chia

Biji chia adalah biji hitam dan putih kecil dari tanaman Salvia hispanica L. Makanan ini kaya akan asam lemak omega-3, kalsium, magnesium, fosfor, dan kalium. Hal yang luar biasa dari biji chia adalah bisa membentuk konsistensi seperti gel pelumas ketika mereka menyerap air. Gel ini dapat membantu pembentukan kotoran, menjaga kelembapannya dan membuatnya lebih mudah dibuang.

Baca Juga  LINEN SPRAY SOLUSI TIDUR NYENYAK YANG MENGANDUNG ANTI VIRUS

4. Kacang-kacangan

Makanan kaya akan serat adalah solusi lain untuk mengatasi sembelit. Lentil, kacang dan buncis sangat bagus untuk mencegah sekaligus mengobati sembelit. Serat adalah makronutrien penting yang harus dimasukkan dalam makanan sehari-hari. Zat ini membuat kotoran menempel pada usus dan merangsang gerak peristaltik, yang mendorong kotoran untuk dikeluarkan.

5. Kaldu

Kandungan mineral yang kaya dari tulang dan bahan lainnya membuat kaldu sangat bergizi dan mudah diserap oleh usus. Yang paling penting, kaldu tulang memberikan kelembapan pada usus yang mengalami peradangan atau dehidrasi. Ini bisa membantu melunakkan feses yang keras sehingga membuatnya lebih mudah dibuang keluar.

6. Buah Pir

Buah pir juga merupakan sumber serat yang sangat baik. Serat ini dikenal sebagai pektin, dan berada dalam kulit buah pir. Untuk mendapatkan manfaat maksimal dari pektin, kamu benar-benar harus memakan buah pir dengan kulitnya (tidak dikupas). Pir juga mengandung sejumlah senyawa yang membantu pencernaan. Kandungan airnya yang tinggi juga membantu dalam menghidrasi usus.

Sembelit adalah masalah yang sangat mengganggu dan membuat tidak nyaman. Jadi, coba konsumsi enam jenis makanan untuk kesehatan usus di atas supaya kamu tidak mengalami sembelit lagi.

Tags
Lebih banyak

Artikel terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close