Manfaat Buang Air Besar Rutin untuk Keseimbangan Hormon Wanita

Bagi wanita buang air besar secara rutin bisa memberikan dampak yang cukup signifikan

Beberapa orang tidak mengira bahwa manfaat buang air besar rutin ternyata cukup signifikan. Lebih-lebih bagi wanita, karena frekuensi dan kualitas BAB juga memengaruhi keseimbangan hormon. Akan tetapi banyak dari kita yang mengalami BAB tidak lancar karena pola hidup modern yang tidak sehat.

Manfaat Buang Air Besar Rutin Bagi Wanita

Jika kamu hanya mengalami sembelit sesekali, itu bukan masalah besar. Namun sembelit kronis, seiring berjalannya waktu, dapat menyebabkan ketidakseimbangan hormon. Ini dikarenakan hormon yang didaur ulang ke dalam tubuh jadi lebih beracun daripada bentuk aslinya.

Munculnya jerawat bisa menjadi indikasi bahwa keseimbangan hormon kamu sedang kurang baik. Pembuangan limbah metabolisme yang buruk ditambah ketidakseimbangan hormon, dapat mendatangkan masalah pada kulit.

Jika tubuh tidak bisa membuang ‘sampah’ keluar melalui usus, maka tubuh akan mencoba mendorong sebagian sampah tersebut keluar melalui kulit. Masalah kesehatan lainnya yang disebabkan oleh penumpukan estrogen ini adalah kamu mungkin akan sering sakit kepala dan menstruasi terlalu sering.

Meski sepele, dalam kasus ini kita bisa sadari betapa pentingnya manfaat buang air besar, khususnya bagi wanita. Tetapi, BAB yang tidak lancar juga bisa berisiko lebih serius dari itu. Dalam jangka panjang, ada potensi peningkatan risiko kanker yang bergantung pada estrogen karena proses ekskresi normal tidak terjadi dengan benar.

Cara Agar BAB Lancar dan Hormon Seimbang

Menjaga hormon tetap terkendali dan menghindari masalah-masalah di atas dapat dilakukan dengan cara yang sederhana. Di bawah ini cara menjaga kesehatan agar bisa BAB secara teratur.

  1. Olahraga teratur – Semua latihan, terutama latihan kardiovaskular, dapat meningkatkan metabolisme tubuh, yang meningkatkan motilitas usus (yaitu kontraksi usus yang mendorong kita untuk buang air besar).
  2. Bersantailah setelah makan – Bersantai sejenak selama sekitar 30 menit setelah kamu makan sangat penting untuk menjamin pergerakan usus yang sehat. Itu berarti kamu tidak boleh berjalan atau makan lagi.
  3. Banyak minum air putih – Tidak minum air putih secara cukup adalah salah satu alasan paling umum mengapa seseorang tidak buang air besar secara teratur.
  4. Tambah asupan serat Anda – Menambah asupan sayuran dan buah-buahan yang mengandung serat tinggi adalah sebuah solusi yang baik. Kamu bisa mengonsumsi makanan berserat tinggi seperti raspberry, yang mengandung 8 gram serat per cangkir, atau 32% dari asupan serat harian). Usahakan makan enam hingga sembilan porsi sayuran setiap hari untuk memenuhi kebutuhan kuota harian kamu.
  5. Suplemen penunjang kesehatan hati – Terakhir, kamu juga bisa mempertimbangkan suplemen yang membantu menjaga fungsi. Tetapi disarankan agar kamu berkonsultasi ke dokter terlebih dahulu.
Baca Juga  Body Oil Ini Perlu Anda Masukkan Ke Dalam Rutinitas Perawatan Harian karena khasiatnya Menakjubkan

Sekarang silakan kamu mulai coba lakukan lima saran di atas agar dapat merasakan manfaat buang air besar rutin setiap hari. Terutama untuk menjaga keseimbangan hormonal di dalam tubuh.

Tags
Lebih banyak

Artikel terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Back to top button
Close