Manfaat Lidah Buaya untuk Wajah dan Kulitmu

Lidah buaya mengandung banyak manfaat untuk perawatan wajah dan kulit

Ada banyak sekali manfaat lidah buaya untuk wajah dan kulit sehingga bahan ini wajib ada pada rutinitas perawatan kulitmu. Bukan hanya sekadar untuk mengobati kulit yang terbakar, tetapi kamu harus tahu bahwa semakin sering menggunakannya maka banyak semakin banyak manfaat yang bisa kamu didapat dari tanaman ini.

Di bawah ini adalah berbagai hal yang perlu kamu tahu tentang apa itu lidah buaya dan manfaatnya sebagai rutinitas perawatan kulit.

Apa itu Lidah Buaya atau Aloe Vera?

Sebagian besar dari kita tampaknya tahu seperti wujud tanaman lidah buaya, bahkan mungkin kamu memilikinya sendiri di rumah. Tanaman ini konon telah diakui kegunaan medisnya sejak zaman Mesir kuno.

Yang menarik dari tanaman lidah buaya adalah daunnya yang panjang dan berduri. Jika kamu mematahkan salah satu daunnya—yang berbentuk seperti lidah buaya—satu maka terdapat gel di dalamnya.

Sebuah studi menemukan fakta bahwa gel ini mengandung khasiat untuk membantu mengobati luka bakar, luka luar pada kulit, infeksi, dan berbagai permasalahan kulit lainnya. Beragam manfaat lidah buaya itu datang dari enzim, hormon, antioksidan, dan nutrisi.

Dalam setiap tetes, kamu akan mendapatkan penangkal infeksi, asam salisilat (yang menyembuhkan kulit), dan Vitamin A, C, dan E (beberapa antioksidan terbaik).

Lidah Buaya Efektif untuk Wajah dan Kulit

Mengingat komposisinya yang disebutkan tadi, tidak mengherankan bahwa lidah buaya dapat menjadi bahan perawatan kulit yang efektif. Berikut adalah lima manfaat utama yang bisa kamu dapatkan dari tanaman ini.

1. Membantu Melawan Keriput

Benci garis-garis halus dan kerutan? Kamu butuh lidah buaya untuk menghilangkannya. Sebab, tanaman ini merupakan sumber antioksidan yang baik sehingga dapat memperlambat tanda-tanda penuaan pada kulit Anda.

Baca Juga  Wajah Berjerawat Karena Menggunakan Masker ? Begini Cara Mengatasinya...

2. Menyembuhkan Luka

Salah satu manfaat terbesar lidah buaya untuk wajah dan kulit adalah kemampuannya untuk mempercepat penyembuhan. Ada alasan mengapa kamu perlu menggunakan lidah biaya sebagai pertolongan pertama luka bakar ringan, yaitu karena kandungannya membantu mempercepat reproduksi sel kulit. Gel lidah buaya juga bisa menembus kulit kita lebih cepat daripada air.

3. Menghidrasi Kulit

Lidah buaya adalah pilihan tepat bagi siapa saja yang mencari pelembab alami. Oleskan langsung ke kulitmu untuk melembapkan tanpa menyumbat pori-pori atau meninggalkan minyak di kulit. Bahkan lidah buaya sangat efektif sehingga sering muncul dalam daftar bahan untuk produk kesehatan dan kecantikan alami.

4. Mengurangi Bekas Luka Jerawat

Jerawat terkadang sulit dihilangkan, tetapi lidah buaya mengandung sepasang hormon yang memberi bisa mempercepat proses ini. Hormon-hormon tersebut adalah Auksin dan Giberelin, yang membantu menyembuhkan luka dan mengurangi peradangan kulit.a

5. Menyembuhkan Sunburn

Liah buaya juga bisa menjadi pilihan alternatif untuk mengatasi kulit terbakar karena matahari. Seperti yang sempat dibahas tadi, gel lidah buaya mengandung unsur-unsur yang menenangkan peradangan, mengurangi infeksi, dan mempercepat penyembuhan.

Jadi, apakah kamu masih ragu dengan banyaknya manfaat lidah buaya? Jika memungkinkan, tanam tanaman ini di halaman rumahmu agar bisa menggunakannya setiap saat sebagai skincare alami.

Tags
Lebih banyak

Artikel terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close