MENGAPA MASSAGE BISA MENINGKATKAN KUALITAS TIDUR ?

Seperti diketahui, tidur yang berkualitas sangat penting untuk semua masalah kesehatan, mulai dari memperlambat penuaan, hingga mengurangi hormon stres.
Tidur merupakan bagian dari proses mempertahankan fungsi fisiologis normal. Tidur juga merupakan waktu yang diperlukan untuk memperbaiki dan menyiapkan energi yang akan dipergunakan setelah periode istirahat. Penggunaan energi secara penuh perlu diganti dengan istirahat pada waktu malam hari yang bertujuan untuk mengurangi penggunaan energi (Potter & Perry, 2007).
Kualitas tidak berhubungan dengan durasi atau kontinuitas tidur. Tetap terbangun dengan rasa mengantuk dan tidak fokus artinya ada masalah pada tidur. Tidak bisa tidur nyenyak berarti Anda mengalami non-restorative sleep, istilah klinis untuk masalah dengan kualitas tidur tanpa adanya gangguan pola tidur.
Gangguan tidur merupakan suatu kumpulan kondisi yang dicirikan dengan adanya gangguan dalam jumlah, kualitas atau waktu tidur pada seorang individu.
Bisakah pijat memanipulasi hormon tidur?
Terapi perilaku kognitif dapat diresepkan untuk mengatasi gangguan tidur. Penelitian menunjukkan bahwa senyawa atau zat kimia tidur relevan dengan terapi pijat karena pemijatan dapat secara langsung memengaruhi produksi serotonin tubuh dan pembentukan melatonin. Hormon kortisol sering meningkat pada orang yang stres dan inilah yang menyebabkan insomnia. Pijat membantu menyeimbangkan sistem hormonal dan terbukti bahwa pijat dapat mengurangi tingkat kortisol hingga 30 persen, sedangkan serotonin adalah hormon bahagia yang memengaruhi kesehatan, selera makan, memori, dorongan seksual, dan tidur. dalam tinjauan dari 22 penelitian tentang efek dari massage relaksasi, kenyamanan dan tidur, menekankan bahwa efek paling terkenal dari massage adalah untuk memberikan relaksasi psikologis dan mengurangi kecemasan dan nyeri. Holland dan Pokorny (2001) menginformasikan bahwa penerapan massage selama 3 hari untuk individu yang berusia antara 52 – 88 menghasilkan perasaan cemas berkurang, tenang, relaksasi, fisik dan kebahagiaan.
Satu jam pijatan memberikan tubuh manfaat yang setara dengan tidur siang. Ada baiknya mandi dengan air hangat sebelum melakukan terapi pijat. Teteskan essential oil ke dalam bak mandi bisa membuat tubuh relax. Pemijatan akan lebih maksimal hasilnya jika Massage oil atau lotion yang akan digunakan untuk pijat diteteskan essential oil lavender, bergamot, ylang-ylang, chamomile dan lain-lain.
 
GET FREE MASKER …….
@essentiaindonesia / @naturalliindonesia
Baca Juga  Kurangi Stress, tingkatkan Energi Positive.. Let's know together!!
Tags
Lebih banyak

Artikel terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close