Mengatasi Anak Pendiam dengan Cara Membuatnya Nyaman

Anak pendiam bisa dilatih agar lebih terbiasa berkomunikasi dengan orang lain

Mengatasi anak pendiam bukanlah hal yang sulit bagi orang tua jika mengetahui akar permasalahannya dan tahu hal apa yang bisa membuatnya nyaman. Orang tua sering berasumsi bahwa anak pendiam tidak memiliki kepercayaan diri. Padahal dalam situasi tertentu, anak dapat menunjukkan keterampilan sosialnya dengan baik.

Tips Mengatasi Anak Pendiam dan Tertutup

Pendiam berbeda dengan pemalu, yang mana istilah pemalu biasanya digunakan beberapa ahli untuk menggambarkan anak yang memiliki kecemasan sosial. Berikut ini tips mengatasi anak yang cenderung pendiam dan tertutup.

1. Mengubah Gaya Bahasa

Anak-anak yang pendiam mungkin menerima pesan secara tidak langsung bahwa ada sesuatu yang salah dengan perilaku mereka. Misal ketika kamu mengatakan, “Maaf, ya, dia anaknya memang pemalu,” kepada orang lain.

Kamu lebih disarankan mengatakan hal yang lebih positif seperti, “Dia lagi mau diam sekarang.” Jadi, Anak akan merasa bahwa dia sebenarnya tidak selalu merasa seperti itu.

2. Membuka Dialog

Cara mengatasi anak pendiam berikutnya adalah dengan membuka dialog dengannya. Tanyakan mengapa dia diam dalam situasi tertentu, seperti ketika ada tamu di rumah yang ingin berkenalan dengannya. Pembicaraan semacam ini dapat membantu orang tua lebih memahami perilakunya.

Kamu dapat menawarkan solusi untuk membantunya mengatasi situasi tersebut. Setidaknya minta anak melambai atau tersenyum ketika disapa seseorang. Ini juga akan membantunya berinteraksi lebih baik saat di sekolah.

3. Berlatih Sosialisasi

Setiap orang bisa merasa tidak nyaman dalam lingkungan yang asing. Bagi orang dewasa, hal semacam ini mungkin dapat diatasi dengan caranya sendiri, tetapi berbeda dengan anak-anak kecil. Yang terpenting adalah memperkenalkan anak ke dalam situasi sosial agar dia nyaman dan akhirnya mau bersenang-senang dengan anak-anak lainnya.

Baca Juga  Sudah Tahu Bedanya Lemongrass (Sereh Dapur) dan Citronella (Sereh Wangi)?

Usahakan untuk tidak menempatkan anak dalam kelompok bermain yang tidak sebaya atau memaksakan interaksi sebelum dia siap. Mulailah dengan bermain bersama seorang teman, hingga bermain dengan kelompok yang lebih besar.

4. Membuat Rencana

Jika anak kamu mendapat undangan pesta ulang tahun dari temannya, buatlah beberapa strategi sebelum hari H. Beri tahu si anak untuk memberi ucapan selamat ulang tahun dan bersalaman dengan anak yang ulang tahun. Orang tua mungkin juga bisa menyarankan agar anak membawa mainan favorit ke sebagai bahan pembuka percakapan untuk mendorong komunikasi.

5. Memberinya Pujian

Anak-anak merespons dengan baik pujian dari orang tuanya, tidak terkecuali anak yang pendiam. Tingkatkan kepercayaan dirinya dengan mengenali dan memuji keterampilan barunya. Tapi jangan membiasakan dengan cara ‘suap’ seperti menjanjikan es krim jika mau berbicara dengan teman.

Sebaliknya, akui interaksi sosial yang dia lakukan dengan mengatakan, “Tadi seru sekali ya main sama teman-teman,” ketika si anak bersenang-senang di pesta ulang tahun temannya.

Terkadang anak bisa menjadi semakin pendiam karena sikap orang tuanya sendiri. Apabila anak kamu pendiam, cobalah cari tahu apa masalahnya, lalu latih dia bersosialisasi dengan tips mengatasi anak pendiam di atas.

Tags
Lebih banyak

Artikel terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Back to top button
Close