Cara Mengawasi Media Sosial Anak Usia Sekolah Dasar

Apa aturan dasar bermain media sosial untuk anak-anak usia sekolah dasar?

Tak bisa dimungkiri anak-anak usia sekolah dasar pasti sudah akrab dengan dunia online. Bagi sebagian anak, kehidupan sosial online dalam kelompok usia ini akan semakin meningkat. Oleh karena itu, orang tua wajib mengawasi media sosial anak, terutama jika mereka memiliki gadget sendiri.

Dunia online adalah lingkungan tertutup di mana anak-anak dapat bermain game, bertemu teman, dan membiarkan imajinasi mereka bebas. Salah satu tantangan bagi orang tua adalah membantu anak-anak menemukan keseimbangan antara bermain di dunia online dan berinteraksi sosial di dunia nyata.

Tips Mengawasi Aktivitas Media Sosial Anak

Dunia maya memang tak memiliki aturan yang mengikat. Tetapi, orang tua harus punya aturannya sendiri untuk membatasi media sosial anak. Simak beberapa poin penting di bawah ini.

1. Anak di bawah 6 tahun

Anak di bawah enam tahun sebaiknya tidak menggunakan media sosial. Jika dia masih belum bisa membaca atau menulis, dunia online justru bisa membuat mereka frustrasi. Solusinya, berikan mereka aplikasi atau situs yang ditujukan untuk anak-anak prasekolah.

2. Siapkan akun bersama

Dengan membuat nama pengguna dan kata sandi yang sama, maka kamu dapat mulai mengawasi anak. Dengan begitu, dia akan menjalankan aktivitasnya di dunia maya sesuai dengan dasar-dasar perilaku online yang aman dan sesuai peraturan yang diberikan orang tua.

3. Selalu dampingi anak

Jangan membiarkan anak-anak bermain gadget tanpa pengawasan, apalagi online sendirian. Ingat, keterampilan bersosialisasi yang mereka bawa ke dunia online adalah sama dengan yang mereka miliki di kehidupan nyata. Jadi, ada kemungkinan mereka akan salah bersikap di media sosial.

4. Berikan situs berbau edukasi

Pastikan kamu selalu memeriksa situs yang dibuka anak sebelum mereka online. Jangan terpaku pada situs media sosial populer saja, tetapi coba carikan mereka hal yang menarik atau memiliki sudut pandang pendidikan.

Baca Juga  Lindungi Anak Anda Dari Internet Predator

5. Tetapkan batas waktu

Pastikan aktivitas online mereka juga diimbangi dengan aktivitas ‘offline’. Tetapkan waktu mereka boleh memegang gadget dan kapan mereka harus bermain ke luar dan berinteraksi dengan orang-orang di sekitarnya.

6. Ajarkan sopan santun

Menetapkan kode etik dalam bersosialisasi di dunia online mungkin cukup sulit. Tetapi, buat saja aturan praktis kepada si anak. Katakan kepadanya bahwa jika dia tidak diperbolehkan mengatakan sesuatu kepada seseorang di dunia nyata, mereka seharusnya dia juga tidak mengatakannya secara online.

7. Jangan bocorkan password!

Pastikan anak-anak tidak membagikan kata sandi mereka kepada orang lain. Seringkali anak-anak memberikan kata sandi media sosial mereka kepada temannya, misal untuk meminta tolong dalam game. Jelaskan bahwa pemberian kata sandi sama seperti memberi tahu orang lain sebuah rahasia yang harus dijaga.

Sebagai tambahan, jika ada fasilitas seperti komputer atau smart TV yang bisa diakses anak, letakkan pada tempat sentral di dalam rumah. Begitulah cara mengawasi media sosial anak agar mereka bisa beraktivitas sewajarnya di dunia online. Semoga bermanfaat!

Tags
Lebih banyak

Artikel terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Back to top button
Close