Menghilangkan Stres dengan Menjalankan Hobi yang Positif

Melakukan hobi dapat meningkatkan mood dan mendukung kelangsungan pekerjaan

Apabila kamu adalah seorang wanita karier yang selalu bekerja dan hanya memiliki waktu libur yang singkat, mungkin rasanya akan membosankan. Tanpa disadari, situasi tersebut bisa menimbulkan stres dan kurang efektif untuk membangun produktivitas kerja. Maka dari itu, di sela-sela kesibukan, kamu perlu melakukan suatu kegiatan untuk menghilangkan stres.

Bagaimana Hobi Bisa Menghilangkan Stres?

Agar waktu libur kamu menjadi lebih berarti dan tidak merasa stres, coba lakukan kegiatan yang menjadi hobimu. Ya, semua orang membutuhkan hobi, dan jika kamu melakukannya dengan tepat bahkan ini bisa menghasilkan uang! Berikut ini cara menghilangkan stres dengan hobi.

1. Melakukan hobi yang menghasilkan

Kamu mungkin sering mendengar kata-kata bijak yang mengatakan: “Pilih pekerjaan yang kamu sukai, maka kamu tidak akan pernah merasa seperti sedang bekerja.” Artinya karena pekerjaan itu sesuai dengan hobimu, maka rasanya akan selalu menyenangkan dan tanpa tekanan.

Akan tetapi, jangan sampai salah mengartikan kalimat barusan. Mengikuti keinginan secara tanpa perhitungan tentu tidak akan ada gunanya. Nah, coba temukan sudut yang memungkinkan hobi kamu bisa membuahkan keuntungan secara finansial.

Jika kamu cukup cerdas, pasti akan ada celah yang dapat dimanfaatkan dari hobi tersebut.

2. Hobi yang membuat tubuh tetap bugar.

Ketika tubuh sehat dan bugar, maka stres tidak akan hinggap pada dirimu. Sains telah membuktikan berkali-kali bahwa pikiran dan tubuh memiliki koneksi yang kuat. Berlatih Berolahraga sebenarnya mengembangkan otak kita, membangun ketangguhan mental sehingga kita dapat menghadapi setiap tantangan dan tekanan yang menghadang.

Misalnya hobimu bersepeda, maka lakukan secara rutin saat sedang libur agar stres bisa dilepas selama kamu berolahraga. Bila suatu hari rasanya malas sekali untuk keluar bersepeda, maka pilih olahraga lain. Melakukan sesuatu yang baru mungkin juga bisa menyegarkan pikiran.

Baca Juga  RANGKAIAN TREATMENT SPA YANG TEPAT SAAT PANDEMI

Intinya, buat diri kamu selalu bergerak agar otak terus bekerja dengan baik dan membawa penyegaran. Dengan begitu, keesokan harinya saat pergi ke kantor kamu akan merasa fresh.

3. Hobi untuk menyaring ide-ide kreatif

Ide-ide paling sederhana adalah yang hal terbaik dan termudah untuk dieksekusi, tetapi butuh kreativitas untuk menemukan kesederhanaan itu. Jenis kreativitas ini tentu tidak kamu kembangkan di kantor. Ini akan berkembang dan lingkungan sekitar, di mana kamu dapat mendapatkan ide baru saat sedang bersantai.

Temukan hobi yang gratis, menenangkan dan bisa menjadi tempat menuangkan ide kreatif. Misalnya dengan melukis, menulis, bermain alat musik, atau menyulam. Apa pun yang kamu pilih, ini akan menjadi kegiatan yang kreatif dan menyenangkan.

Jangan takut mengacaukannya, karena dari situlah kamu belajar tentang diri sendiri dan bisa menghancurkan mental block yang menghalangi. Dorong diri kamu melampaui zona nyaman.

Jadi mulai sekarang pilihlah hobi atau gali kembali keterampilan lamamu untuk menghilangkan stres yang menumpuk karena pekerjaan. Dengan begitu, sebagai wanita karier kamu bisa selalu produktif dan positif.

Tags
Lebih banyak

Artikel terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close