Pesona Tenun Ikat NTT

Indonesia kaya dengan berbagai jenis tenun yang berasal dari berbagai daerah dan sudah mulai mendunia.  Masing-masing daerah memiliki filosofi sendiri yang dituangkan melalui macam-macam corak yang ada. Unik karena setiap motif dan proses tenun dipengaruhi oleh kebudayaan dan kekayaan alam setempat.  Ada tenun Goyor dari Boyolali, Tenun Baduy, Tenun Dayak, Tenun Buton, Songket Palembang, Tenun Ikat NTT dan masih banyak lagi yang mencerminkan kebudayaan dan kearifan lokal. 

Beberapa waktu lalu, viral tenun NTT yang dipakai oleh artis2 papan atas Hollywood seperti Angelina Jolie, Tom Cruise, penyanyi Beyoncè, Zayn Malik dan Gigi Hadid atau artis Korea Lee Min Ho, Park Shin Ye. 

Tenun NTT seperti kain tenun lainnya dari Indonesia memang istimewa, prosesnya diawali dengan memintal kapas menjadi benang, kemudian benang-benang tadi diwarnai dengan pewarna alami seperti akar-akaran, daun-daunan, kunyit bahkan tanah liat.

Proses pewarnaan ini dilakukan secara berulang-ulang sampai menghasilkan warna yang diinginkan, lalu dibentuk pola pada benang dengan cara diikat, setelah itu baru ditenun menjadi sehelai kain. Untuk menjadi sehelai kain, makan waktu lama bahkan sampai berbulan-bulan, jadi jangan heran kalau harganya mahal. Uniknya lagi, masing-masing daerah di NTT mempunyai corak dan motif tersendiri yang menggambarkan hal-hal khusus dari budaya masing-masing suku seperti legenda atau mitos, hewan dan simbol status sosial pemakainya. Pada masanya, wanita di NTT harus pandai menenun, karena ini merupakan indikator bahwa yang bersangkutan sudah siap dan pantas untuk menikah.  (MDP/1021)

Busana oleh MAHANANI by Dimas Mahendra,
model Tirza & Hizkia

Baca Juga  Sudah Masuk Musim Hujan, Siapkan Essential Oil Ini Dirumah
Lebih banyak

Artikel terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Back to top button
Close