Punya Masalah Bau Kaki Tak Sedap ? Coba Salah Satu Cara ini.

Selain bau mulut, bau kaki jadi salah satu gangguan penampilan yang paling menyebalkan. Tak peduli secantik apa penampilanmu atau semahal apa sepatumu, jika kamu mengalami bau kaki, maka penampilanmu tak lagi menawan.

Bau tak sedap di kaki menjadi masalah tersendiri bagi kaum pria maupun wanita. Khususnya mereka yang memiliki berbagai aktivitas tinggi di luar atau di jalanan. Masalah bau ini tak bisa dihindari karena penyebabnya bisa karena keringat berlebih atau faktor lingkungan yang tak sehat, bahkan karena penyakit.

Bau kaki dapat menurunkan kepercayaan diri, jika aroma tak sedapnya sudah tercium orang lain. Hal tersebut tentu akan membuat tidak nyaman dan memalukan.

Bau kaki atau dalam bahasa medis disebut bromodosis, disebabkan oleh kondisi kaki yang lembap dan berkeringat memicu pertumbuhan bakteri di kaki yang berlebih.

Sebenarnya bau kaki adalah kondisi yang normal. Sebab semua orang menghasilkan keringat dan memiliki bakteri alami yang hidup di kaki. Bakteri ini membantu memecah keringat pada kaki saat dilepaskan. Jika bakteri dan keringat menumpuk, bau busuk dapat terbentuk. Bakteri ekstra cenderung terbentuk ketika seseorang berkeringat di sepatu mereka, melepasnya, dan kemudian mengenakannya kembali tanpa membiarkannya benar-benar kering.

Penyebab bau kaki lainnya seperti berjalan kaki dengan intensitas tinggi, melakukan aktivitas fisik yang berat, atau mengidap penyakit tertentu rentan membuat produksi keringat berlebih.

Kebersihan yang buruk juga dapat berperan menyebabkan bromodosis. Jarang mencuci kaki atau tidak mengganti kaus kaki dapat membuat bakteri mulai tumbuh subur di kaki. Inilah yang bisa menyebabkan bau kaki memburuk.

Masalah di kaki ini nggak bisa dianggap remeh. Jika dibiarkan terus, bromodosis akan berdampak buruk pada penderitanya. Selain dijauhi oleh orang-orang sekitar, bau kaki mungkin akan menimbulkan masalah kesehatan lainnya. Seperti tumbuhnya jamur di kaki, koreng, atau infeksi kulit.

Baca Juga  Tips Memakai Maskara, Bolehkah Dipakai Setiap Hari?

Berita baiknya adalah bromodosis atau bau kaki mudah disembuhkan. Anda bisa melakukan perawatan di rumah untuk mengatasi bau kaki. Kuncinya, pastikan rajin dan rutin melakukan perawatan.

Berikut cara efektif yang bisa Anda lakukan sendiri di rumah. Selain mudah, cara ini sangat praktis dan murah :

  1. Jaga kebersihan kaki. Ketika mencuci kaki, selalu gosok dan gunakan sabun setidaknya dua kali sehari. Waktu terbaik untuk mencuci kaki adalah pada mandi pagi dan sore hari setelah beraktivitas. Tak lupa, lap kaki sampai benar-benar kering, khususnya pada jari-jari kaki.

    Selain itu, perhatikan kondisi kuku. Jangan biarkan kotor dan terlalu panjang. Potong kuku sesering mungkin dan pastikan untuk membersihkan sela-sela kuku. Bagian tersebut rentan menyebabkan tumbuhnya bakteri.

    Kikis juga kulit mati yang mengeras pada kaki dengan alat exfoliating pedicure. Kulit kapalan ketika basah akan menjadi lembek dan bakteri suka hidup di tempat lembap seperti itu.

  1. Ini cara paling mudah, murah dan memiliki banyak manfaat, yakni gunakan Patchouli Essential Oil atau Minyak nilam.

Bukan rahasia umum lagi aroma kuat dari minyak nilam ini telah digunakan selama berabad-abad lamanya dipakai sebagai bahan parfum, dupa, penolak serangga dan obat-obatan alternative lainnya. Dengan memanfaatkan khasiat minyak tradisional ini, bau di kaki Anda pun bakal hilang. Atau kamu juga bisa menggunakan Essential Oil yang sudah dicampur dengan beberapa essential oil sehingga lebih efektif mengusir bau di kaki sepertui essential oil Athlete Foot karena kandungan essential ol seperti tea tree, eucalypthus, patchouli, clove bud dan lavender dan juga berguna sebagai anti inflamasi (anti radang), antiseptik, dan insomnia.

Caranya cukup dengan merendam kedua kali ke dalam baskom air hangat yang sudah ditetesi essential oil patchouli dan essential oil athlete foot. 

  1. Buah lemon juga bisa dimanfaatkan untuk menghilangkan bau di kaki. Rasanya memang masam. Tapi kandungan anti bakteri dalam lemon bisa membasmi bakteri penyebab bau pada kaki. Anda bisa menyiapkan 6 buah lemon ukuran sedang. Kemudian diperas. Hasil perasan dicampurkan dengan 1 baskom air hangat. Rendam kedua kaki ke dalam baskom itu selama 15 menit. Lakukan serutin mungkin.
  1. Gunakan dua kantung teh hitam. Rebuslah dengan seliter air selama 15 menit. ambahkan 2 liter air dingin, kemudian tuangkan dalam bak atau mangkuk besar. Rendam kaki selama 30 menit. Minmal satu kali dalam seminggu Anda menggunakan cara ini, bauk tak sedap dari kaki bisa hilang. Karena asam yang dihasilkan dari kantung teh berguna untuk menutup pori-pori pada kaki sehingga membantu mengurangi jumlah keringat di kaki.
  1. Selain sebagai bumbu dapur, garam juga punya banyak manfaat untuk menjaga kesehatan beberapa bagian tubuh. Salah satunya sebagai penghilang bau kaki. Garam bisa mengurangi kelembapan pada kaki dan juga membasmi bakteri penyebab bau kaki. Campurkan garam dengan 1 baskom air hangat. Rendamlah kaki selama 20 menit. Lakukan cara ini setiap hari untuk memberikan hasil yang sempurna.
  1. Gunakan kopi. Kandungan kafein pada kopi dapat menyerap senyawa sulfur yang menyebabkan aroma busuk pada kaki. Masker kopi bisa diracik sendiri di rumah dengan mencampurkan bubuk kopi yang diseduh dengan sedikit air panas lalu aduk sampai mengental menjadi pasta. Oleskan pasta kopi ke permukaan kulit kaki dengan merata. Diamkan sekitar lima belas menit lalu bilas dengan air bersih.

Sekali lagi, mencegah adalah jalan terbaik ketimbang mengobati. Banyak cara untuk menghilangkan bau di kaki yang bisa dilakukan dengan mudah. Selamat mencoba di rumah…….

Kamu bisa membeli essential oil dan skin care dengan kualitas dan harga terbaik di toko online Essentia-Natural :> Shopee : http://shopee.co.id/essentianaturalli

> Tokopedia : http://bit.ly/tokped_essentianaturalli

>  website : http://www.essentia-natural.com atau

> Whatsapp : http://bit.ly/essentianaturalli

 

GET FREE MASKER …….

@essentiaindonesia / @naturalliindonesia

#kosmetiknatural #kosmetikorganik  #kosmetikalamiah #essentialoilindonesia #minyakatsirindonesia #aromatherapyindonesia #foot #baukaki #athletefoot #patchouli

 

 

Baca Juga  Essential Oil, Bisa Menjaga Kesehatan saluran Pernafasan
Tags
Lebih banyak

Artikel terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close