Mungkin Selama Ini Cara Mencuci Rambut Kamu Salah

Keramas adalah hal sepele tetapi ternyata ada beberapa kesalahan umum yang sering dilakukan

Tuang sampo dari wadahnya, keramas lalu bilas, ternyata belum cukup untuk merawat rambut dengan baik. Ada beberapa kesalahan elementer dalam cara mencuci rambut yang dilakukan hampir oleh setiap orang.

Cara Mencuci Rambut yang Baik dan Benar

Dilansir dari Shape.com, seorang pakar rambut akan memberikan tips tentang bagaimana cara mengeramasi rambut secara benar pada saat mandi. Berikut ulasan selengkapnya.

1. Pilih produk sampo yang tepat

Tidak semua sampo diciptakan sama. Jadi ketika mencari produk yang terbaik untuk kamu, pilihlah berdasarkan karakter rambutmu seperti halnya kulit. Jika rambutmu kering, cari formula pelembab atau yang berlabel reparatif dan bebas dari pengeringan sulfat. Sementara jika rambut Anda cenderung berminyak, cari sampo dengan klasifikasi lain sesuai labelnya.

Beruntung bagi kamu yang jenis rambutnya cukup normal. Maka pilihlah sampo berdasarkan kebutuhan yang ingin kamu capai. Misalnya ingin menambah volume rambut, menghaluskannya atau lebih menghitamkannya.

2. Harga mahal tidak selalu lebih baik

Anda bisa menghabiskan puluhan hingga ratusan ribu rupiah untuk sebotol sampo dengan merek yang berbeda-beda. Pilihannya jelas terserah kamu, tetapi perlu diingat bahwa ada begitu banyak cara untuk memproduksi sampo. Lebih baik memilih jenis sampo berdasarkan karakter rambutmu, daripada sekadar melihat label harga.

Jadi kembali lagi ke poin nomor satu tadi. Tetapi apabila kamu sudah menggunakan jenis sampo yang tepat, jangan ragu untuk bereksperimen dengan membeli produk serupa dalam kisaran harga yang berbeda.

3. Gunakan teknik keramas yang tepat

Sekarang mulai masuk ke bagaimana cara mencuci rambut dengan teknik yang benar. Pertama-tama, mulailah dengan membilas rambut dan memijat kulit kepala. Bahkan gerakan ini bisa dilakukan sebelum sampo dituangkan di atas kepala. Gerakan ini berguna untuk menghilangkan kotoran dan residu.

Baca Juga  JAGA KESEHATAN PARU-PARU DENGAN BREATHING EXERCISE

Tuang sedikit sampo lalu usapkan ke kepala bagian atas, tepat di atas dahi Anda. Gosokkan bagian tersebut selama kurang lebih 30 detik. Ulangi dengan menuang sampo lagi, kali ini oleskan pada bagian tengkuk. Kuncinya adalah pada pemijatan, karena sampo pada dasarnya tidak akan melakukan apa-apa jika hanya dibiarkan berbusa.

4. Menggunakan kondisioner setiap kali keramas

Ini adalah rangkaian yang tidak boleh dilewati. Para wanita berambut halus mungkin ragu untuk menggunakan kondisioner karena takut itu akan merusak rambut. Tetapi, itu justru sangat penting, karena rambut halus lebih rentan rusak dan kusut. Gunakan kondisioner hanya dari pertengahan poros ke ujung, tidak dari akar atau kulit kepala.

5. Seberapa sering kamu keramas

Bagi kebanyakan wanita, mencuci rambut setiap hari rasa-rasanya terlalu sering. Tetapi jika kamu berkeringat setiap hari, maka cucilah rambut setiap hari. Overwashing, terutama jika menggunakan sampo yang salah, dapat menghilangkan minyak alami rambut dan kulit kepala sehingga jadi terasa kering.

Begitulah cara mencuci rambut yang disarankan oleh ahlinya. Sebagai alternatif, mungkin kamu bisa juga coba menggunakan dry shampoo yang lebih mudah dan praktis.

Tags
Lebih banyak

Artikel terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close