Sereh Dapur – Lemongrass – Banyak Manfaatnya

Di Indonesia, sereh dapur yang juga popular dengan nama serai banyak digunakan sebagai bumbu dapur. Aromanya yang khas mirip dengan buah lemon membuatnya dikenal di Barat dengan nama Lemongrass. Apa saja manfaat sehat yang bisa kita dapatkan dari rumput beraroma harum segar ini?

Sereh dapur atau lebih beken dengan nama Lemongrass termasuk dalam jenis rumput-rumputan dari keluarga Poaceae dan mempunyai nama latin Cymbopogon Schoenanthus. Di Indonesia, orang biasa menggunakannya sebagai bumbu masak. Saat diolah menjadi minyak atsiri/essential oil tanaman ini termasuk tanaman yang biasanya ditanam dipekarangan rumah sebagai salah satu sumber bumbu masak.

Manfaat sehat yang paling popular adalah meningkatkan sirkulasi, meningkatkan pencernaan, meredakan demam, menstabilkan siklus menstruasi, meningkatkan kekebalan, mengobati infeksi, dan berfungsi sebagai insektisida.

Dalam dunia minyak atsiri lemongrass banyak digunakan dalam produk perawatan kulit, bahan baku aromaterapi serta parfum. Essential oil Lemonggrass dapur diperoleh dari hasil penyulingan daun tanaman serai. Minyak yang didapatkan berwarna kuning bening, tidak kental, dan beraroma khas serai. Minyak ini mengandung senyawa citral, sehingga minyak ini sering disebut sebagai rumput lemon atau lemongrass. Kandungan utamanya sendiri adalah Calcium, Copper, Folate, Besi, Magnesium, Mangan. Asam Pantothenic, Potassium, Protein, Vitamins B1, B2, B3, and B6, Vitamin C serta Zinc.

Kadar zat besi dalam essential oil lemonggrass sangat tinggi sehingga bermanfaat membantu sel darah merah mengangkut oksigen ke seluruh tubuh. Kandungan zat-zat lain seperti mangan, sangat bermanfaat sebagai mineral penting untuk tulang dan kulit kita serta membantu menstabilkan gula darah. Vitamin B yang terkandung dalam minyak ini sangat bagus untuk metabolisme tubuh dan cel. Selain itu, vitamin B-9 sangat bermanfaat untuk kesehatan liver.

Baca Juga  Berbagai Kegunaan Eye Cream yang Perlu Diketahui

Beberapa studi mengindikasikan bahwa essential oil lemonggrass memiliki banyak aktivitas pharmacological seperti efek anti-amoebic, antibakteri, antidiarrheal, anti-filarial, antifungal, anti-inflamasi, antimalarial, antimutagenicity, antimycobacterial, antioxidants, hypoglycemic, dan neurobehavioral.

Berikut beberapa manfaat sehat essential oil lemonggrass

–          Pereda Nyeri Otot

Minyak sereh dapur berfungsi sebagai anti inflamasi, sehingga dapat digunakan sebagai obat luar, seperti : minyak pijat dan juga minyak gosok lainya. Juga berguna untuk meringankan sakit pinggang, nyeri punggung gangguan nyeri pada otot lainnya. Cara memakainya cukup dicampurkan 2 tetes minyak atsiri sereh dapur ke dalam 1 sdm VCO atau carrier oil lainnya. Oles dan pijatkan ringan ke bagian yang terasa sakit.

 –          Menghadirkan Rasa Relaks

Aroma essential oil lemonggrass dapat digunakan sebagai bahan pengharum ruangan. Kesegarannya menghadirkan rasa bersih, segar, relaks, meningkatkan percaya diri dan meredakan depresi.

–          Perawatan Kulit

Sifatnya yang antibakteri dan jamur, membuat  essential oil lemonggrass banyak digunakan dalam produk-produk skincare untuk mengatasi jerawat punggung, wajah dan penyakit gatal-gatal pada kulit lainnya. Selain itu, minyak ini juga dapat digunakan sebagai facial mask untuk membuat wajah terlihat segar.

 –          Anti Nyamuk

Campurkan dengan lotion kesayangan atau carrier oil untuk dioleskan ke kulit. Nyamuk pasti kabur jauh-jauh.

Kamu bisa berbelanja Essential Oil terbaik di toko online Essentia di Shopee (essentianaturalii), Tokopedia (Spa Essentia Jakarta), www.essentia-natural.com atau memesan melalui Whatsapp di No 0816 738686.

@essentiaindonesia / @naturalliindonesia

 

Tags
Lebih banyak

Artikel terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Back to top button
Close