Sering Lapar Saat Menstruasi? Ini Penjelasan Ilmiahnya

Saat berada dalam siklus menstruasi wanita bisa lebih sering merasa lapar dari biasanya

Pernah mengalami sering lapar saat menstruasi? Rasa lapar memang normal bagi setiap orang, namun pada saat sedang waktunya datang bulan, terkadang rasa lapar sulit dikendalikan sehingga menyebabkan kita makan secara berlebih. Ini adalah masalah yang umum terjadi pada wanita ketika sedang menstruasi, karena kadar gula darah tidak stabil.

Namun, hal semacam ini baiknya tidak diikuti begitu saja, dengan kata lain kamu harus tetap bisa mengatur pola makan. Tujuannya supaya dapat memastikan tubuh selalu mendapatkan jumlah nutrisi harian yang tepat saat sedang menstruasi.

Penjelasan Sering Lapar Saat Menstruasi

Begitu banyak wanita yang cenderung lebih temperamental dan sering merasa lapar saat menstruasi akibat kadar gula darah tidak stabil. Terkadang, kamu mungkin akan mengalami gejala lainnya seperti sakit kepala, pelupa, dan rasa cemas berlebih. Gejalanya bisa berbeda-beda setiap orang, tergantung dari gaya hidup masing-masing.

Tingkat gula darah adalah jumlah glukosa yang kita miliki di dalam darah, dan itu akan terus berubah. Ada dua ketidakseimbangan gula darah yang harus kita khawatirkan.

Pertama adalah gula darah rendah, atau hipoglikemia. Hipoglikemia dapat membuat kamu merasa mudah marah, mual, berkeringat, dan makan berlebihan. Ketika gula darah rendah, tubuh memang membutuhkan gula dan karbohidrat karena dua zat tersebut adalah solusi cepat untuk masalah ini.

Di sisi lain, mengonsumsi gula dan karbohidrat secara berlebih juga dapat menyebabkan gula darah naik dan menyebabkan lebih ketidakstabilan yang lebih parah. Apabila kamu adalah orang yang rentan terhadap hipoglikemia, maka sangat penting untuk selalu makan cukup dan teratur agar bisa mencegahnya.

Dampak Kadar Gula Tidak Stabil

Ketika kamu makan sesuatu yang manis, kadar gula darah naik dan tubuh merespons dengan melepaskan insulin. Tugas insulin ini adalah membiarkan gula (glukosa) masuk ke dalam tubuh sehingga bisa digunakan sebagai bahan bakar atau disimpan sebagai lemak tubuh.

Baca Juga  Kurangi Stress, tingkatkan Energi Positive.. Let's know together!!

Dengan melakukan ini, gula darah bisa jadi lebih seimbang, tetapi kadar insulin yang tinggi secara konsisten juga dapat menyebabkan resistensi insulin. Mungkin pada awalnya kamu tidak merasakan ada tanda-tanda, tetapi efeknya resistensi insulin berkembang dari waktu ke waktu. Beberapa efeknya adalah:

  • merasa lelah sepanjang waktu, terutama setelah makan,
  • merasa lapar,
  • berat badan bertambah dengan mudah tetapi sulit turun,
  • sulit berkonsentrasi,
  • tekanan darah tinggi,
  • kadar kolesterol tinggi.

Apa Solusinya?

Dikutip dari mbghealth, solusi terpenting untuk melawan masalah ini adalah sarapan. Maksimal, makan pagi satu jam setelah bangun tidur dan jangan melewatkannya. Kamu tidak bisa menyeimbangkan hormon selama seharian jika tidak sarapan. Selain itu juga bisa mengalami hipoglikemia.

Sarapan kamu harus selalu menyertakan protein dan lemak sehat untuk memilah gula darah di pagi hari. Telur adalah salah satu makanan yang dianjurkan, paling tidak karena bahan ini sangat praktis diolah. Lakukan hal ini setiap hari atau setidaknya selama periode kamu agar tidak merasa sering lapar sat menstruasi.

Tags
Lebih banyak

Artikel terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Back to top button
Close