Sudah Tahu Bedanya Lemongrass (Sereh Dapur) dan Citronella (Sereh Wangi)?

Bentuknya mirip, aromanya pun hampir serupa, wajar bila banyak yang tak tahu apa bedanya Lemongrass (Sereh Dapur) dan Citronella (Sereh Wangi). Apalagi sama-sama berkhasiat untuk menangkis serangan nyamuk nakal di musim kemarau. Apa sih bedanya?

Wanginya yang segar seperti aroma jeruk membuat orang suka menggunakan produk dengan aroma Citronella sebagai pengusir nyamuk. Selain sebagai anti-serangga, Citronella  sama-sama berfungsi sebagai antiseptik. Juga kerap dijadikan aroma saat membuat lilin, potpourri ataupun losyen. Kalau Lemongrass lebih akrab sebagai bumbu dapur, selain juga digunakan sebagai bahan minuman untuk mengusir masuk angin, perut kembung dan mengatasi gangguan pencernaan lainnya.

Citronella dan Lemongrass boleh dibilang adalah “sepupu”. “Penampilan” keduanya sangat mirip, tumbuh di daerah yang juga mirip, dan bila diproduksi menjadi minyak atsiri, fungsinya pun hampir serupa. Kombinasi kedua jenis minyak atsiri ini akan menghasilkan efek yang ampuh dalam mengusir serangga dan mengatasi bau tak sedap.

 

Apa saja bedanya dan keistimewaannya? Silakan simak tulisan di bawah ini.

  • Sereh Wangi atau Citronella (Cymbopogon nardus),  memiliki bagian kemerahan tepat di atas akarnya. Sereh Dapur atau Lemongrass sebaliknya berwarna hijau.
  • Minyak atsiri sereh dapur atau Lemongrass (Cymbopogon citratus ) didistilasi dari sereh dapur kering. Aromanya akan lebih lembut, tidak seasam atau lebih manis dibandingkan lemon, meski fungsinya sebagai astringent sama persis seperti lemon. Aroma tanah yang khas membaur unik dengan aroma jeruknya, sehingga dapat menimbulkan efek menyegarkan dan menyemangati. Seringkali dijadikan toning untuk produk-produk kecantikan.
  • Sereh Wangi (Citronella) yang berasal dari Sri-Lanka dan Jawa memiliki aroma lemon yang kental dan ‘garing’. Minyak atsirinya didistilasi dari batang-batang sereh wangi yang masih segar. Sangat ampuh mengusir nyamuk. Juga popular digunakan sebagai pengaroma lilin dan dupa.
Baca Juga  Body Oil Ini Perlu Anda Masukkan Ke Dalam Rutinitas Perawatan Harian karena khasiatnya Menakjubkan

 

Percampuran kedua minyak atsiri ini sangat baik digunakan untuk membersihkan rumah dan perabot, terutama untuk menghilangkan bau amis dan bau tak sedap lainnya.

 

Kamu bisa membeli seluruh varian essential oil  dengan kualitas dan harga terbaik Essentia di toko online Shopee :

> Shopee : http://shopee.co.id/essentianaturalli

> Tokopedia : http://bit.ly/tokped_essentianaturalli

>  website : http://www.essentia-natural.com atau

> Whatsapp : http://bit.ly/essentianaturalli

 

GET FREE MASKER …….

@essentiaindonesia / @naturalliindonesia

Tags
Lebih banyak

Artikel terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Back to top button
Close