Tips Memakai Maskara, Bolehkah Dipakai Setiap Hari?

Dampak pada area mata jika kamu memakai maskara setiap hari

Ada banyak artikel yang membahas tentang tips memakai maskara, mulai dari cara terbaik untuk menerapkannya hingga pilihan produk terbaik. Tetapi, belum ada yang menjawab pertanyaan apakah ada dampak buruk jika memakai maskara setiap hari? Akankah maskara merusak mata atau bulu mata Anda? Berikut penjelasannya.

Tips Memakai Maskara Supaya Aman

Jawaban dari pertanyaan di atas tergantung pada beberapa variabel. Baik yang melibatkan kelenjar minyak mata Anda, perawatan kulit, teknik aplikasi, dan mungkin juga maskara yang kamu gunakan. Lantas bisakah penggunaan maskara setiap hari melukai mata?

Apa yang dilakukan maskara setiap hari sebenarnya melukai kelopak mata, yang kemudian bisa berdampak pada mata. Tetapi sebelum itu, mari kita sedikit pelajari anatomi mata. Kelopak mata memiliki tiga bagian yang menghasilkan cairan: air (air mata), lendir (kotoran mata di pagi hari) dan minyak.

Yang terkait dengan maskara adalah yang terakhir. Minyak sebenarnya berguna untuk membuat area sekitar mata tetap licin agar air bisa masuk sehingga mata selalu terhidrasi. Jika kelenjar minyak kita di sekitar mata tidak bekerja dengan baik, mereka tidak bisa lagi memproduksi cairan yang melindungi.

Pernahkah kamu mendengar ada orang yang mengeluh memiliki ‘mata kering’ tetapi masih bisa keluar air mata? Apa yang terjadi di sana kemungkinan besar karena mata tidak memiliki cukup minyak untuk menahan air.

Maskara adalah benda yang dapat menyumbat pori-pori di daerah tersebut, sehingga menyebabkan produksi minyak berkurang terutama ketika tidak dibersihkan setiap malam. Ini tidak hanya menyebabkan kulit kering tetapi juga peradangan dan kelopak mata.

Bolehkah Jika Hanya Diterapkan Tipis Pada Bulu Mata?

Bahan kimia apa pun pada wajah dapat mengiritasi dan melemahkan rambut, tetapi itu tidak berbahaya. Namun, kamu harus mengikuti tips memakai maskara yang baik dan benar. Baik saat mengaplikasikan atau menghapusnya, kamu harus melakukannya secara lembut atau dapat membuat bulu mata kehilangan ketebalan.

Baca Juga  Buktikan Sendiri Keajaiban Kafein untuk Perawatan Kulit

Rambut itu sifatnya menggumpal, jika kamu melapisinya itu dapat membuat rambut menjadi tegang, terutama jika dilakukan setiap hari. Itulah mengapa seseorang bisa kehilangan bulu mata terutama bila memakai dan menghapus maskara tidak secara lembut.

Menghapus maskara setiap hari juga sangat penting untuk meminimalkan iritasi dan peradangan. Tapi itu adalah hal yang paling sulit daripada menghapus riasan lainnya. Sebab, seringkali menghapus maskara menyebabkan kamu tak sengaja membuat bulu mata rontok.

Menggunakan Maskara Lama atau Milik Orang Lain

Aturan praktis yang umum adalah membuang maskara setiap dua bulan sekali dan jangan pernah menggunakan maskara orang lain. Aturan ini benar-benar tidak bisa disanggah. Maskara yang sudah lama berpotensi menyebabkan infeksi karena kelembapan dan tabung merupakan tempat berkembang biaknya kuman

Tips memakai maskara yang terakhir, tidak disarankan untuk menggunakan produk kosmetik milik orang lain karena peluang terkena infeksi jadi dua kali lipat.

Tags
Lebih banyak

Artikel terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Back to top button
Close