Tips Naik Pesawat Terbang Bersama Si Kecil

Orang tua harus punya rencana saat naik pesawat mengajak anak

Naik pesawat terbang bersama anak bisa menjadi kegembiraan sekaligus ketakutan bagi orang tua. Bagaimana tidak, tanpa tips naik pesawat terbang yang baik dan benar kamu mungkin akan kerepotan menangani si kecil.

Sebagai penumpang, kita tentu tidak bisa mengatur-atur pihak maskapai. Maka dari itu, sebagai orang tua yang bisa dilakukan adalah membuat rencana yang matang untuk pengalaman semulus mungkin bagi anak.

Tips Naik Pesawat Terbang Mengajak Anak

Untuk banyak penerbangan, orang tua tidak perlu membeli tempat duduk untuk anak di bawah usia 2 tahun. Dengan syarat, anak berada di pangkuan orang tua selama penerbangan.

Namun apabila kamu lebih nyaman meletakkan si kecil di tempat duduk terpisah, maka harus membeli tiket. Berikut tips naik pesawat terbang bersama anak di bawah usia 2 tahun agar perjalanan kamu tetap menyenangkan.

1. Pemilihan tempat duduk

Jika memungkinkan, pilih tempat duduk yang dekat jendela atau kursi dekat lorong untuk menghindari si kecil tertekan oleh penumpang lain. Terlebih bagi ibu menyusui, tempat duduk di dekat jendela bisa menambah privasi.

2. Pemilihan rute penerbangan

Jika penerbangan kamu membutuhkan transit, pilih rute yang waktu istirahat transitnya lebih lama. Meskipun ini membuat waktu perjalanan sedikit lebih lama, tapi setidaknya kamu bisa melakukan banyak hal saat pesawat sedang transit.

Kamu bisa pergi ke kamar mandi, makan dan menenangkan anak degan berbagai hal.

3. Persiapan untuk anak

Pastikan kamu sudah mempersiapkan segala hal yang penting untuk bayi. Periksa lagi untuk memastikan kamu tidak melupakan sesuatu yang penting seperti botol minum, dot, lap, popok, mainan, dll. Selalu bawa pakaian ganti ekstra buat kamu dan bayi untuk berjaga-jaga.

Baca Juga  5 Kebiasaan Sehat di Pagi Hari Paling Mudah dan Murah

4. Mengatasi suara pesawat

Jika kamu khawatir dengan telinga si kecil pada saat pesawat lepas landas ataupun turun, maka susui si kecil selama proses tersebut. Ini akan membantu menyamakan tekanan di telinga mungil mereka. Namun bagi anak yang lebih besar, kamu dapat atasi dengan memberinya minum atau makan camilan.

5. Mengatasi mabuk perjalanan

Apabila anak rentan terhadap mabuk perjalanan, pastikan untuk memberinya banyak cairan selama perjalanan. Penerbangan pendek atau penerbangan dengan transit dapat membantu anak merasa lebih baik. Jika memungkinkan, pilih tempat duduk di bagian depan pesawat atau di atas sayap untuk mengurangi turbulensi.

Antihistamin terkadang direkomendasikan untuk mengatasi mabuk perjalanan, tetapi kamu harus mengonsultasikan soal ini dengan dokter anak.

Penutup

Terkadang, bahkan dengan mengikuti tips naik pesawat terbang bersama anak sekalipun, kita tetap tidak dapat menghindari anak rewel. Cobalah untuk tidak terlalu stres mengatasi hal tersebut.

Minta maaf kepada orang-orang di sekitar dan lakukan yang terbaik untuk menghibur anak sampai pesawat mendarat. Bersikap tenang dapat membantu memastikan kamu dan si kecil sampai di tujuan dalam keadaan baik-baik saja.

Tags
Lebih banyak

Artikel terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Back to top button
Close