Tips Self Care untuk Kamu yang Super Sibuk

Jangan sampai kesibukan membuat kamu lupa memerhatikan diri sendiri

Kamu menghabiskan banyak waktu untuk pekerjaan dan orang-orang di sekitarmu setiap hari. Namun, berapa banyak waktu yang tersedia untuk diri sendiri? Jangan sampai urusan dengan dunia luar membuatmu lupa dengan diri sendiri. Nah, kamu mungkin perlu beberapa tips self care agar kualitas kehidupanmu meningkat.

Tips Self Care Sehari-hari

Meskipun perlu mencurahkan banyak waktu untuk pekerjaan, namun untuk sukses jangka panjang kamu juga harus memerhatikan diri sendiri. Meskipun rasanya tidak akan cukup waktu seharian, tetapi setidaknya kamu dapat melakukan beberapa tips self care untuk orang-orang sibuk berikut ini.

1. Tidur secara teratur

Ini pasti bukan pertama kalinya kamu mendengar tentang betapa pentingnya tidur, dan tentu ini juga bukan yang terakhir kali. Itu memang fakta yang tidak bisa dimungkiri. Jika kamu menginginkan tubuh beroperasi secara efisien pada keesokan hari, maka dapatkan waktu tidur yang cukup.

Mulailah dengan menentukan jam berapa Anda harus pergi tidur (tidak boleh diganggu gugat) dan atur alarm untuk bangun. Kemudian buatlah daftar hal yang perlu dilakukan agar kamu bisa tidur.

2. Tetaplah bergerak

Berolahraga mengurangi kemungkinan terkena penyakit jantung, stroke hingga diabetes. Namun, tahukah kamu bahwa olahraga juga dapat menjaga kemampuan mengingat dan keterampilan berpikir? Penelitian menunjukkan bahwa bagian otak yang mengendalikan pemikiran dan ingatan pada orang yang berolahraga memiliki volume lebih besar.

Durasi olahraga yang disarankan per minggunya adalah 150 menit, tetapi tidak apa-apa jika kamu memulai dari latihan ringan, lalu meningkat di kesempatan berikutnya.

3. Pergi berlibur

Kamu mungkin tidak berpikir punya waktu untuk berlibur karena kesibukan di kantor. Tetapi, ada pepatah mengatakan bahwa terkadang orang mengorbankan kesehatan untuk mendapatkan kekayaan, kemudian mereka menghabiskan kekayaan untuk membeli kembali kesehatan (karena sakit).

Baca Juga  Menghilangkan Stres dengan Menjalankan Hobi yang Positif

Tentu kamu tidak ingin mengalami stres sampai-sampai masuk rumah sakit, bukan? Tenang, liburan tidak perlu harus pergi jauh. Cukup dengan mencuri waktu di sore hari dan lupakan segala macam urusan pekerjaan untuk sementara.

4. Perbanyak gizi

Jajan sembarangan adalah awal dari berbagai masalah kesehatan orang-orang yang sibuk. Iya, seperti kamu! Banyak nutrisi yang tidak terpenuhi. Maka dari itu, mulailah perbanyak makan buah dan sayuran. Cara alami ini lebih baik daripada mengonsumsi suplemen untuk mendapatkan nutrisi yang dibutuhkan tubuh.

5. Belajar mengatakan tidak

Apabila kamu punya kelompok pertemanan, maka cobalah untuk berani mengatakan tidak saat diajak. Sebab, terkadang melakukan sesuatu yang sebenarnya tidak ingin kamu lakukan (bersama teman) akan sangat menguras fisik dan emosional.

Sangat penting bagi untuk menjadi diri sendiri dalam semua interaksi. Kamu juga bisa lebih menghemat waktu dan uang.

Ingat, jika kamu tidak punya waktu untuk diri sendiri, maka buatlah waktu itu. Tips self care yang terpenting adalah belajar memprioritaskan diri sendiri dan atur diri sendiri untuk kesuksesan jangka panjang.

Tags
Lebih banyak

Artikel terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close